Ganna Tumbangkan Evenepoel dan Pogacar


Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) membuka Tirreno–Adriatico 2022 dengan sempurna. Rider asal Italia tersebut finis pertama dalam balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 1, Senin (7/3) tengah malam. Ia mengungguli Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates).

Balapan ITT di Etape 1 berlangsung di Lido di Camaiore. Panjang rutenya 13,9 kilometer. Sebagai juara dunia ITT selama dua tahun berturut-turut, Ganna diunggulkan di tahapan ini. Pogacar dan Evenepoel menjadi pesaing terkuatnya.

Hanya saja Ganna memang terlalu tangguh untuk ditaklukkan. Dengan kecepatan rata-rata 54 km/jam, Ganna melibas rute sepanjang 13,9 kilometer dengan catatan waktu 15 menit 18 detik. Sepuluh detik lebih cepat dari Evenepoel yang finis kedua. Sementara Pogacar menghuni posisi tiga dengan gap 18 detik.

Ganna senang bukan main. Ia mengaku berbicara khusus dengan Ineos Grenadiers lalu meminta agar diturunkan di balapan ini. Pembalap 25 tahun ini begitu menyukai Tirreno–Adriatico. "Hari ini saya menunjukkan betapa saya ingin memenangkan balapan ini. Ini adalah hasil yang penting bagi saya dan tim," katanya.

Angin sakal (headwind) menjadi tantangan terberatnya di tahapan ini. Beruntung Ganna berhasil mengatasinya dengan sempurna. Bahkan, ia mengaku sempat melaju hingga kecepatan 55 km/jam. "Ini balapan yang spesial dengan hasil yang spesial," terang Ganna.

Sementara itu, Evenepoel sebenarnya berharap bisa berbicara banyak di balapan ITT di Etape 1 ini. Oleh sebab itu, ia berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Sayang ia masih belum mampu mengungguli sang juara dunia.

"Saya pikir mungkin bisa melaju sedikit lebih cepat. Namun, saya sudah mengeluarkan kekuatan maksimal. Jadi finis kedua mungkin adalah hasil terbaik pada hari ini," ucap rider asal Belgia ini.

Selanjutnya, para pembalap akan menempuh rute sejauh 219 kilometer di Etape 2, Selasa (8/3) malam waktu Indonesia. Peloton bertolak dari Camaiore menuju Sovicille. Inilah etape terpanjang di Tirreno–Adriatico 2022. Karena mayoritas medannya flat, tahapan ini akan menjadi santapan empuk para sprinter.

Evenepoel menegaskan bahwa ia akan berusaha membantu Mark Cavendish untuk menjadi sprinter terbaik di balapan ini."Saya di sini bersama Mark. Kami akan mengejar beberapa kemenangan etape untuk Mark dalam sprint," tegasnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tirreno–Adriatico 2022 (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers 15 menit 18 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +10
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +18
4. Kasper Asgreen (Denmark), Quick-Step Alpha Vinyl +24
5. Alex Dowsett (Inggris), Israel-Premier Tech +25
6. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +28
7. Tobias Ludvigsson (Swedia), Groupama-FDJ +31
8. Jos van Emden (Belanda), Jumbo-Visma +33
9. Mikkel Bjerg (Denmark), UAE Team Emirates +38
10. Matteo Sobrero (Italia) BikeExchange-Jayco +39

General Classification usai 1 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers 15 menit 17 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +10
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +17
4. Kasper Asgreen (Denmark), Quick-Step Alpha Vinyl +23
5. Alex Dowsett (Inggris), Israel-Premier Tech +25
6. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +27
7. Tobias Ludvigsson (Swedia), Groupama-FDJ +31
8. Jos van Emden (Belanda), Jumbo-Visma +33
9. Mikkel Bjerg (Denmark), UAE Team Emirates +38
10. Matteo Sobrero (Italia) BikeExchange-Jayco +38

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray

Foto: Luca Bettini/Sprint Cycling Agency, Tim de Waele/Getty Images


COMMENTS