Jakobsen Bikin Jumbo-Visma Gigit Jari di Orléans


Jumbo-Visma gagal mengulang kemenangan di Etape 2 Paris–Nice 2022, Senin (7/4) malam waktu Indonesia. Wout van Aert dan Christophe Laporte yang dijagokan di tahapan ini, hanya finis kedua dan ketiga. Tempat pertama menjadi milik sprinter asal Belanda, Fabio Jakobsen (QuickStep Alpha Vinyl).

Etape 2 ini kembali menghadirkan medan flat dengan total jarak 159,2 kilometer. Para pembalap melaju dari Auffargis menuju Orléans. Sosok kawakan, Philippe Gilbert (Lotto Soudal) memimpin barisan breakaway kali ini. Gilbert ditemani rekan setimnya, Matthew Holmes dan Alexis Gougeard (B&B Hotels - KTM).

Insiden terjadi sebelum nanjak di Côte de Choisel. Tujuh pembalap mengalami kecelakaan. Salah satunya Van Aert. Beruntung kecelakaan ini tidak berdampak fatal. Setelah sempat mendapatkan perawatan, mereka akhirnya kembali ke peloton.

Kereta cepat Jumbo-Visma kembali beraksi di etape ini. Empat pembalap, yakni Primoz Roglic, Rohan Dennis, Laporte, dan Van Aert, memimpin kelompok pengejar. Jakobsen serta Nairo Quintana (Arkea-Samsic) juga termasuk di dalamnya. Mereka berhasil menangkap grup breakaway di sisa 64 kilometer.

Selanjutnya, bersama QuickStep Alpha Vinyl, Jumbo-Visma memimpin balapan hingga 10 kilometer menjelang finis. Mereka juga sukses membawa Laporte menjadi yang tercepat di intermediate sprint kedua di Traînou.

QuickStep Alpha Vinyl mulai menekan peloton di sisa tiga kilometer. Mereka berhasil menempatkan Jakobsen di baris terdepan. Jakobsen menuntaskannya dengan sempurna. Ia finis pertama dengan catatan waktu 3 jam 22 menit 54 detik. Van Aert dan Laporte berada tepat di belakangnya.

"Harus saya katakan, Jumbo-Visma punya tiga pembalap terkuat. Itu jelas tidak mudah. Akan tetapi, seperti yang saya katakan, kami mencintai eselon dan kami memiliki banyak motivasi sebelum etape ini. Meskipun kaki saya terluka selama 60 kilometer, saya masih mampu memenanginya," bilang Jakobsen usai balapan.

Jakobsen berterima kasih kepada tiga rekan setimnya yang bekerja sangat baik di tahapan ini. Mereka adalah Zdenek Stybar, Florian Senechal, dan Yves Lampaert. Ketiga pembalap inilah yang bekerja dan membuka ruang untuk Jakobsen beradu sprint dengan Van Aert dan Laporte.

"Jalanan menjelang finis agak menanjak dan saya suka sprint seperti itu. Senang berada di podium di atas keduanya," imbuhnya.

Christophe Laporte masih menduduki puncak klasemen overall dan berhak atas jersey kuning

Hasil Etape 2 sedikit mengubah komposisi pembalap di General Classification. Laporte masih berada di puncak dan berhak mengenakan jersey kuning. Sementara Van Aert naik ke peringkat kedua. Ia menggusur rekan setimnya, Roglic.

Berikutnya, paea pembalap akan menghadapi hilly stage di Etape 3, Selasa (8/3). Tahapan ini menempuh rute sepanjang 190,8 kilometer. Membentang dari Vierzon menuju Dun-le-Palestel. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Paris–Nice 2022 (Top Ten)
1. Fabio Jakobsen (Belanda), QuickStep Alpha Vinyl 3 jam 22 menit 54 detik
2. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
3. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma +0
4. Luka Mezgec (Slovenia), BikeExchange-Jayco +0
5. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
6. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +0
7. Luca Mozzato (Italia), B&B Hotels-KTM +0
8. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0
9. Oliver Naesen (Belgia), AG2R Citroen +0
10. Cees Bol (Belanda), Team DSM +0

General Classification usai 2 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma 7 jam 11 menit 15 detik
2. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +5
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +11
4. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +36
5. Zdenek Stybar (Ceko), QuickStep Alpha Vinyl +38
6. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +39
7. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +39
8. Florian Senechal (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +39
9. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +39
10. Aleksandr Vlasov (Rusria), Bora-Hansgrohe +39

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray

Foto: Getty Images


COMMENTS