Bissegger Kalahkan Ganna, Pogacar Mulai Unjuk Gigi


Stefan Bissegger (EF Education-EasyPost) tampil luar biasa dalam balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 3 UAE Tour 2022. Pembalap asal Swiss ini berhasil menjadi yang tercepat. Ia melampaui catatan waktu milik juara dunia ITT 2021, Filippo Ganna (Ineos Grenadiers).

Balapan ITT di Etape 2 UAE Tour 2022 berlangsung di Ajman, Selasa (22/2) malam waktu Indonesia. Pembalap harus melahap rute sepanjang sembilan kilometer. Sebagai juara dunia ITT dua tahun beruntun, Ganna menjadi unggulan di tahapan ini.

Akan tetapi, pembalap asal Italia tersebut gagal menampilkan performa terbaik. Ganna terpaut tujuh detik dari Bissegger yang membukukan catatan waktu 9 menit 43 detik. Ini adalah kekalahan pertama Ganna di lomba ITT pada musim ini.

"Saya sudah lama menantikan time trial kali ini. Saya mengalami musim dingin yang sulit dengan tulang skafoid yang rusak dan butuh waktu lama sampai diperbaiki. Sekarang saya sangat senang bisa balapan lagi," bilang Bissegger seusai balapan.

Stefan Bissegger mengungguli Filippo Ganna dalam balapan ITT di Etape 3 UAE Tour 2022

Bissegger sangat girang lantaran berhasil mengungguli pesaing terberatnya itu. Kemenangan ini sekaligus ajang balas dendam atas hasil musim lalu. Pada saat itu pembalap 23 tahun tersebut finis kedua di belakang Ganna dalam balapan ITT di Etape 2 UAE Tour 2021.

"Saya melakukan balapan time trial yang sangat bagus. Saya juga cukup yakin memiliki kekuatan yang baik dan dapat bersenang-senang," ungkapnya.

Tak hanya berhasil mengalahkan Ganna di balapan ITT, kemenangan ini membawa Bissegger ke puncak General Classification (GC). Ia mengkudeta Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix) sekaligus merebut jersey merah, simbol penguasa GC di UAE Tour.

Tadej Pogacar kini berada di peringkat kelima di General Classification UAE Tour 2022

Bissegger bukan satu-satu nama yang dipuji berkat performa apik di balapan ITT di Etape 3 UAE Tour 2022. Perlakuan yang sama juga diterima Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Juara Tour de France 2020 dan 2021 itu finis keempat. Terpaut 18 detik dari Bissegger. Kecepatan rata-ratanya mendekati 54 km/jam.

"Itu adalah lintasan yang sangat cepat dan itu adalah kecepatan yang sangat cepat. Anda tidak dapat melaju lebih cepat dari itu," kata Pogi, sapaan akrabnya.

Meski tidak menang, finis keempat membuat Pogacar menyodok sepuluh besar di klasemen overall. Ia terpaut 18 detik dari Bissegger yang kini mendominasi jersey merah. Pogacar berpotensi melesat ke puncak GC karena Etape 4 akan membawa pembalap nanjak ke Jebel Jais. Total jaraknya 181 kilometer.

"Kami terlihat baik untuk Etape 4 dan untuk beberapa hari ke depan. Semua orang sangat bagus. Kami benar-benar fokus dan sangat bagus untuk balapan ini. Kami semua dalam kondisi bagus," terangnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 UAE Tour 2022 (Top Ten)
1. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education-EasyPost +09 menit 43 detik
2. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +7
3. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +14
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +18
5. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +22
6. Mikkel Bjerg (Denmark), UAE Team Emirates +24
7. Stefan De Bod (Afrika Selatan), Astana Qazaqstan +24
8. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +25
9. Johan Price Pejtersen (Denmark), Bahrain Victorious +26
10. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +28

General Classification usai 3 Etape dari 7 Etape (Top Ten)
1. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education-EasyPost 9 jam 13 menit 2 detik
2. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +7
3. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +12
4. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +14
5. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +18
6. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +22
7. Stefan De Bod (Afrika Selatan), Astana Qazaqstan +24
8. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +25
9. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +28
10. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +29

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 74

Foto: Getty Images


COMMENTS