Juara di Portugal, Evenepoel Siap Hadapi Pogacar di Tirreno-Adriatico


Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) mendapatkan gelar pertamanya musim ini. Pembalap muda asal Belgia tersebut mengunci tempat di puncak General Classification (GC) Volta ao Algarve 2022 pada Minggu (20/2) malam.

Evenepoel memulai musim 2022 dengan manis. Ia berhasil memenangi Etape 1 Volta a la Comunitat Valenciana pada awal Februari lalu. Sayang, Evenepoel gagal juara di balapan kategori 2.Pro tersebut.

Evenepoel hanya menduduki peringkat kedua di klasemen overall. Ia terpaut lebih dari setengah menit dari rider anyar tim Bora-Hansgrohe, Aleksandr Vlasov. Ia memperoleh gelar hiburan dengan memuncaki tabel youth classification.

Kegagalan di Spanyol terbayar lunas di Portugal. Finis kelima di Etape 5 di Malhao (Loule) sudah cukup untuk memastikan Evenepoel berada di puncak GC Volta ao Algarve 2022. Brandon McNulty (UAE Team Emirates) dan Daniel Martinez (Ineos Grenadiers) berada di ranking dua dan tiga.

Sehari sebelumnya, Evenepoel disanjung sundul langit setelah tampil hebat dalam balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 4. Ia menghajar rute sepanjang 32,2 kilometer, dari Vila Real de Santo António ke Tavira, dengan catatan waktu 37 menit 49 detik. Ia unggul hampir satu menit dari Stefan Kueng (Groupama-FDJ).

"Saya pikir saya banyak berkembang di time trial. Setiap time trial di stage race akan menjadi hari yang paling penting bagi saya," bilang Evenepoel dilansir Cyclingnews.

Evenepoel mengungkapkan. rencana awal untuknya adalah bertahan selama di etape pegunungan. Termasuk di Alto da Foia. Selain itu, ia harus berusaha keras untuk tampil bagus di balapan ITT. "Saya pikir telah melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam hal itu," sebut pembalap 22 tahun ini.

Selanjutnya Evenepoel akan bergeser ke Italia untuk berlaga di Tirreno-Adriatico. Balapan yang dimulai pada 7 Maret itu akan diikuti nama-nama top, seperti Tadej Pogacar (UAE Team Emirates), Vincenzo Nibali (Astana), Enric Mas (Movistar), juga Richard Carapaz (Ineos Grenadiers).

"Targetnya adalah tiba dalam kondisi baik di Tirreno. Ini adalah balapan yang sangat bagus untuk dimenangkan. Kami pergi ke sana dengan tim yang kuat. Ini bagus untuk perkembangan saya sebagai climber," bilangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 74

Foto: Filipe Farinha/BELGA MAG/AFP via Getty Images


COMMENTS