Ciayow ITT 2022 Menjadi Ajang Pemanasan Sebelum Event Akbar di Kalbar


Kalimantan Barat (Kalbar) secara konsisten menyelenggarakan event-event time trial. Pada Januari 2021 digelar Equator Ciayow Team Time Trial (TTT). Sementara pada tahun ini mereka melangsungkan Ciayow Individual Time Trial (ITT) 2022, Minggu (13/2) lalu.

Ciayow ITT 2022 diikuti 100 peserta. Mereka berasal dari tim-tim macam Kelapa Gading Bikers (KGB), Mula, dan Nusantara. Selain itu, turut berpartisipasi pehobi sepeda dari berbagai kota di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Surabaya, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Ketapang, Singkawang, dan Pontianak.

"Jadi, Ciayow ITT 2022 adalah langkah awal menuju event besar di Kalimantan Barat. Kami berencana membuat balapan selama tiga hari dengan format criterium, ITT, dan TTT." bilang Darmadi, salah satu pencetus kegiatan ini.

Ciayow ITT 2022 berlangsung di Jalan Arteri Supadio, Kabupaten Kubu Raya. Panjang rutenya 17,45 kilometer. Terdapat tujuh kelas yang dipertandingkan. Mulai dari Women Open, Women Hobby, Men Open, Men Junior, Men Master A, Men Master B, dan ASN/TNI/POLRI/BUMD/BUMN. Khusus untuk Men Open menempuh total jarak 34,9 kilometer.

"Belum pernah diselenggarakan balapan ITT di Kalimantan Barat. Jadi kami ingin melihat kemampuan seorang atlet bertempur seorang diri. Ternyata responsnya mengejutkan. Meski kami tak sebar undangan, hanya flyer di media sosial, banyak atlet nasional yang turun," bilang Darmadi.

Semula, Ciayow ITT 2022 hanya sekadar latihan bersama (latber). Dalam perjalanannya mereka mendapatkan lampu hijau dari PB ISSI untuk jadi agenda resmi. "Jadi, Ciayow ITT 2022 bisa menjadi salah persiapan pembalap Indinesia menuju SEA Games, Mei nanti," terangnya.

Target Darmadi tidak muluk-muluk. Ia hanya ingin Kalimantan Barat menjadi pusat lomba time trial di Indonesia. Oleh sebab itu, ia berusaha untuk meningkatkan standar dan kualitas. Selain itu, karena masih pandemi, ia juga memperketat protokol kesehatan.

Sementara itu, sehari sebelum gelaran Ciayow ITT 2022, ada event TTT yang dilaksanakan oleh WCC Pontianak. Ajang ini diikuti 180 peserta. "Kegiatan ini dalam rangka valentine, jadi ada couple race yang mana belum pernah diadakan di daerah manapun," ucap Secilia Succestoria Harly, ketua penyelenggara.

Terdapat enam kategori yang dilombakan, yakni Couple, Women Open, ATPDN, Couple Mix, Komunitas, dan Men Open. Ajang ini termasuk dalam rangkan WCC Team Time Trial Series 2022. (mainsepeda)

Hasil Ciayow Individual Time Trial 2022

Women Open
1. Ayustina Delia
2. Liontin Evangelina Setiawan
3. Arfiana 

Women Hobby
1. Novia Puspita
2. Oliv
3. Anjang Sari

Men Open
1. Aiman Cahyadi
2. Terry Yudha
3. Bernard Benyamin Van Aert

Men Junior
1. Dendra Aditama
2. Maulana Astnan
3. Ridho

Men Master A
1. John Boemiharjo
2. Hendra Ketapang
3. Gunawan

Men Master B
1. Zulkifli Joe
2. Suwandra
3. Rizal Arya

ASN/TNI/POLRI/BUMD/BUMN
1. Novi Irawan
2. Eko Purwanto
3. Yudi Sugiarto

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 73

Foto: Alif K Saputra (@alif_inikamifilm)


COMMENTS