Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) finis pertama di Giro d'Italia Criterium 2021. Rider asal Slovakia itu mengalahkan Egan Bernal (Ineos Grenadiers). Selain kedua superstar itu, event ini juga diikuti pembalap top lainnya seperti Marc Hirschi (UAE Team Emirates), Filippo Ganna (Ineos Grenadiers), dan Elia Viviani (Cofidis).

Giro d'Italia Criterium digelar untuk kali pertama pada tahun ini. Dilangsungkan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Sabtu (6/11). Para pembalap turun di sirkuit sepanjang 2,1 kilometer. Mereka harus mengitarinya selama 30 kali.

Balapan seru ini menjadi bagian dari Expo 2020 Dubai. Ini adalah pameran kelas dunia pertama yang pernah diselenggarakan di kawasan Timur Tengah, Afrika dan wilayah Asia Selatan.

Sagan menuntaskan race ini dengan catatan waktu 1 jam 26 menit. Bernal dan Hirschi menduduki tempat kedua dan ketiga. Kemenangan di Giro d'Italia Criterium 2021 menjadi kado terakhir Sagan untuk Bora-Hansgrohe. Ia akan pindah ke tim Total Energies pada musim depan.

"Ini balapan yang sangat spesial. Luar biasa bisa berada di sini dan berkesempatan mengendarai Giro d'Italia Criterium di Expo 2020 Dubai. Saya sangat senang bisa meraih kemenangan di tempat unik ini," kata Sagan usai balapan.

Sagan bercerita, ia mencoba untuk berada di depan dan mengikuti sprint dan memenangkan klasifikasi poin. Tapi ia segera menyadari bahwa Viviani lebih cepat darinya. Sagan mengubah taktik demi meraih kemenangan.

"Kemudian di beberapa lap terakhir ada Bernal, Hirschi dan Bouchard menyerang. Saya memutuskan mengikuti mereka. Itu adalah langkah yang tepat. Setelah itu Bernal menyerang lagi dan saya berhasil bertahan dan mengalahkannya. Saya sangat senang dengan kesuksesan ini," aku Sagan. (mainsepeda)

Hasil Giro d'Italia Criterium 2021 (Top Ten)
1. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe 1 jam 26 menit
2. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +0
3. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +5
4. Geoffrey Bouchard (Prancis), AG2R Citroën +5
5. Elia Viviani (Italia), Cofidis +12
6. Grega Bole (Slovenia), +12
7. Filippo Fiorelli (Italia), Bardiani-CSF-Faizanè +12
8. Leonardo Marchiori (Italia), Androni Giocattoli-Sidermec +12
9. Yousis Mirza (UEA), UAE Team Emirates +12
10. Mattia Bevilacqua (Italia) Vini Zabù +12

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 63

Foto: Bettini Photo


COMMENTS