Ferdy Juara Men Elite, Wdnsdy Dominasi Podium

Hidayat Lukman Firdaus (Pain Cave SUB Team Surabaya) memenangi balapan criterium kelas men elite di Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Sidoarjo, Minggu (10/10). Kemenangan ini adalah modal pembalap 20 tahun itu menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Garut dan Cimahi, 23-31 Oktober nanti.

Ada delapan kelas yang dipertandingkan di Porkab Sidoarjo. Salah satunya elite men's criterium. Balapan bersifat terbuka. Diikuti 24 pembalap. Selain dari Sidoarjo dan Surabaya, turut serta atlet dari DKI Jakarta, Jogjakarta, dan Bekasi.

Balapan berlangsung di kawasan Lingkar Timur Sidoarjo. Panjang rutenya 16,9 kilometer. Terbagi dalam 21 lap dan tujuh kali kali intermediate sprint. Rute didominasi medan flat. Dengan tanjakan pendek bergradien sekitar tujuh persen.

Ferdy (kanan) saat bersiap di garis start

Ferdy, sapaan akrab Firdaus Lukman Hidayat, mendominasi sejak start. Ia tak terkejar oleh para rival. "Ia nyaris tak ada lawan. Dari start sampai finis. Bahkan 70 persen pembalap berhasil di-overlap. Termasuk yang finis ketiga," cerita Samai Amari, pelatih tim Pain Cave SUB Team Surabaya.

Menunggangi Wdnsdy AJ1 Rim, Ferdy menyelesaikan lomba ini dengan catatan waktu 28 menit 20 detik. Ia merebut total poin 29. Arifian Putra Bhaskara (Coffee Ride Society CC) yang menunggangi Wdnsdy AJ1 Disc, finis kedua dengan 26 poin. Sementara M. Roihan Salim (Nuts) di posisi ketiga dengan 10 poin.

"Porkab Sidoarjo ini adalah ajang pemanasan kami sebelum tampil di Kejurnas. Hasilnya sesuai harapan. Kini Ferdy akan mempersiapkan diri untuk tampil di Kejurnas. Dia masuk di kelas U-23," bilang Samai.

Ferdy menunggangi Wdnsdy AJ1 Disc. SedangkanĀ Arifian Putra membalap dengan Wdnsdy AJ1 Rim

Mantan pembalap profesional ini berharap Ferdy tampil maksimal di di Kejurnas. Sebab persaingan akan lebih ketat. Ferdy akan bertarung melawan pembalap-pembalap yang kini menghuni Pelatnas. "Saya memprediksi ia bisa masuk lima besar. Bahkan mungkin bisa podium. Tergantung situasi di lintasan nanti," jabarnya.

Porkab Sidoarjo bergulir sejak September lalu. Mempertandingakan 38 cabang olahraga (cabor). Termasuk balap sepeda. Porkab merupakan multievent yang digulirkan KONI Sidoarjo sebagai persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII di Jember pada 2022 mendatang.

Porkab Sidoarjo diikuti total tiga ribu atlet dari perbagai daerah di Kota Udang. Atlet yang tampil berkisar usia 15-22 tahun. Porkab dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan. Sehingga sejumlag laga digelar tanpa penonton. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 59

Foto: Samai Amari


COMMENTS