Evenepoel Tumbang, Colbrelli Juara Eropa
by - September 13, 2021
Evenepoel Tumbang, Colbrelli Juara Eropa
by MainSepeda - September 13, 2021

Remco Evenepoel (Belgia) menyesali kegagalannya menjadi juara Eropa. Pembalap Deceuninck-QuickStep itu hanya finis kedua dalam balapan yang berlangsung di Trento, Italia. Ia tumbang di tangan rider tuan rumah, Sonny Colbrelli.

Kejuaraan Eropa Road 2021 berlangsung di medan sepanjang 179,2 kilometer. Terdapat sejumlah tanjakan yang harus ditaklukkan para pembalap. Seperti di Cadine, Vigo Cavedine, Candriai, dan Povo. Ajang ini diikuti nama-nama top seperti Evenepoel, Tadej Pogacar (Slovenia), hingga Peter Sagan (Slovakia).

Evenepoel, Colbrelli, dan Benoit Cosnefroy (Prancis) menyerang di sisa 20 kilometer. Meninggalkan kelompok unggulan yang berisi Pogacar, Marc Hirschi (Swiss), serta Pavel Sivakov (Rusia). Cosnefroy melambar di sisa 12 kilometer. Membuat Evenepoel dan Colbrelli memimpin di sepuluh kilometer terakhir.
Drama terjadi di kilometer pemungkas. Evenepoel yang berada di depan, tampak mulai kelelahan. Membuat lajunya sedikit melambat. Colbrelli memanfaatkan kondisi ini dengan sempurna. Ia menyalip Evenepoel dalam sprint di sisa 100 meter.

Pembalap tim Bahrain Victorious tersebut finis pertama dengan catatan waktu 4 jam 19 menit 45 detik. Evenepoel berada tepat di belakangnya. Sedangkan Cosnefroy menduduki peringkat ketiga dengan gap 90 detik.
Evenepoel langsung tersungkur di aspal tak lama setelah mencapai finis. Wajahnya menunjukkan rasa kecewa yang begitu besar. Pembalap 21 tahun ini gagal mendapatkan kemenangan yang telah dipatok sejak awal balapan.

"Saya balapan dengan sangat cepat. Tapi Colbrelli hanya punya satu hal yang harus dilakukan: bertahan. Saya melihatnya mengalami kesulitan, tapi ia tetap bertahan. Ia unggul dalam sprint, jadi ia bertaruh untuk itu. Inilah balapan. Sayang sekali saya tidak memiliki sprint yang bagus," jelas Evenepoel dilansir Sporza.
Strategi bertahan Colbrelli menjadi perdebatan di media sosial. Banyak yang kontra, tapi ada juga yang pro. Evenepoel pun buka suara. Ia tidak bisa menyalahkan strategi itu. Bagaimana pun, Colbrelli merupakan salah satu yang terkuat di peloton.

"Jika Anda melihat bagaimana sepak terjangnya di balapan di beberapa pekan terakhir, ia adalah pemenang pantas," akunya.

Sementara itu, gelar juara eropa menjadi pencapaian besar untuk Colbrelli pada musim ini. "Luar biasa karena saya memiliki tim yang super. Saya sangat senang atas kemenangan ini. Makin luar biasa karena ini dicapai di Italia," bilangnya dilansir Cyclingnews. (mainsepeda)

Hasil European Road Championships (Top Ten)
1. Sonny Colbrelli (Italia) 4 jam 19 menit 45 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia) +0
3. Benoit Cosnefroy (Prancis) +1:30
4. Matteo Trentin (Italia) +1:44
5. Tadej Pogacar (Slovenia) +1:44
6. Marc Hirschi (Swiss) +1:44
7. Markus Hoelgaard (Norwegia) +1:44
8. Ben Hermans (Belgia) +1:46
9. Pavel Sivakov (Rusia) +1:49
10. Victor Campenaerts (Belgia) +5:41

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 55

Foto: ADP, Getty Images, Belga


COMMENTS