Akhir Penantian Panjang Romain Bardet

Romain Bardet (Team DSM) mendapatkan kemenangan pertamanya di La Vuelta a Espana. Rider Prancis ini finis pertama di Etape 14, Sabtu (28/8). Sementara Christian Eiking (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) masih belum tergoyahkan di puncak General Classification (GC).

Setelah delapan musim berturut-turut tampil di Tour de France, Bardet memilih jalan berbeda pada musim ini. Pertama, ia melakoni debut di Giro d'Italia 2021. Meski gagal jadi juara, setidaknya ia finis ketujuh di klasemen overall. Kemudian ia melewatkan Tour de France 2021.
Sebagai gantinya, Bardet berlaga di La Vuelta a Espana. Ini adalah penampilan keduanya di ajang ini. Ia kali pertama tampil pada musim 2017 lalu. Bardet cuma finis di urutan 17 di klasemen akhir. Ia lebih mujur musim ini. Pembalap 30 tahun ini berhasil finis pertama di Etape 14.

"Sudah lama menunggu. Kemenangan ini sangat berarti. Sebab saya sudah terlalu sering berada di urutan kedua," komentar runner-up Tour de France 2016 ini selepas balapan.

Etape 14 dimulai dari Don Benito menuju Pico Villuercas. Panjang rutenya 165,7 kilometer. Terdapat tiga tanjakan yang harus ditaklukkan para pembalap. Dua di antaranya adalah Kategori 1 di Alto Collado de Ballesteros dan Pico Villuercas.
Alto Collado de Ballesteros merupakan tanjakan sepanjang 2,9 persen dengan gradien rata-rata 13,5 persen. Sedangkan Pico Villuercas yang menjadi titik finis di etape ini, adalah tanjakan sepanjang 14,4 persen dengan kemiringan rata-rata 6,3 persen.

Lomba dibuka dengan aksi breakaway 18 pembalap. Di antaranya adalah Bardet, Arnaud Demare (Groupama-FDJ), Jan Tratnik (Bahrain-Victorious), hingga Tom Pidcock (Ineos Grenadiers). Mereka melepaskan diri dari peloton sejak sepuluh kilometer setelah start.

Saat lomba tersisa 80 kilometer, mereka meninggalkan rombongan besar dengan gap sepuluh menit. Mereka nyaris tak tersentuh sepanjang balapan. Kemudian Nicolas Prodhomme (AG2R Citroën) dan Daniel Navarro (Burgos-BH) memisahkan diri di 40 kilometer menuju finis.

Keduanya mulai melambat saat nanjak di Pico Villuercas. Mereka akhirnya tertangkap di sisa enam kilometer. Setelah itu Bardet mulai berakselerasi. Meninggalkan para pesaingnya di grup terdepan.
Bardet finis pertama dengan catatan waktu 4 jam 20 menit 36 detik. Jesus Herrada (Cofidis) dan Jay Vine (Alpecin-Fenix) di posisi kedua dan ketiga.

"Saya pikir kami bermain dengan cerdas. Saya diberi tahu kapan harus menyerang di bagian paling curam dari pendakian dan melakukannya seolah-olah garis finish ada di depan saya. Saya membuka celah yang bagus dan berhasil mencapai finis," ucapnya girang. (mainsepeda)

Hasil Etape 14 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Romain Bardet (Prancis), Team DSM 4 jam 20 menit 36 detik
2. Jesus Herrada (Spanyol), Cofidis +44
3. Jay Vine (Australia), Alpecin-Fenix +44
4. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +1:12
5. Clément Champoussin (Prancis), AG2R Citroën +1:14
6. Matthew Holmes (Inggris), Lotto Soudal +1:16
7. Andrey Zeits (Kazakhstan), Team BikeExchange +1:19
8. Kevin Geniets (Luxembourg), Groupama-FDJ +1:46
9. Nicolas Prodhomme (Prancis), AG2R Citroën +2:04
10. Jan Tratnik (Slovenia), Bahrain-Victorious +2:15

General Classification usai 14 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Christian Eiking (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 55 jam 3 menit 17 detik
2. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +54
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:36
4. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:11
5. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +3:04
6. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +3:35
7. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +4:21
8. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +4:49
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +4:59
10. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +5:31

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 53

Foto: Getty Images


COMMENTS