Taaramae Lengserkan Roglic dari Puncak GC

Sepuluh tahun lalu Rein Taaramae bersorak di puncak La Farrapona Lagos De Somiedo. Hari itu ia memenangi Etape 14 La Vuelta a Espana 2011. Ini adalah kemenangan Grand Tour perdana untuk pembalap asal Estonia tersebut. Taaramae masih muda kala itu. Baru 24 tahun. Ia membela panji Cofidis.

Kemudian Taaramae absen selama empat musim di Spanyol. Ia membalap lagi di ajang ini pada 2016 dan 2017 lalu. Lalu ia tidak menampakkan batang hidungnya di Negeri Matador selama tiga musim. Taaramae akhirnya kembali ke Vuelta a Espana pada musim ini.

Taaramae kini tak lagi muda. Usianya sudah 34 tahun. Meski demikian, bukan berarti ia kehilangan peminat. Ia dikontrak hingga 2022 oleh Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux (IWG). Sebelum turun di Spanyol, Taaramae dipercaya IWG untuk membalap di Giro d'Italia 2021 pada Mei lalu.

Tugasnya bukan untuk bersaing di General Classification (GC). Melainkan mencuri kemenangan panggung. Misi itu tercapai Senin (16/8). Taaramae finis pertama di Etape 3 Vuelta a Espana 2021. Ini adalah kemenangan pertamanya di ajang ini dalam satu dekade.

"Kemenangan ini terjadi karena saya dalam kondisi yang cukup baik dan memiliki direktur olahraga yang sangat cerdas, yakni Valerio Piva. Kami sudah merencanakan ini. Bahwa kami akan mencoba memenangkan etape dan mengambil jersey merah," bilangnya seusai lomba.

Etape 3 menghadirkan rute sepanjang 202,8 kilometer. Para pembalap berangkat dari Santo Domingo de Silos. Peloton melalui dua tanjakan Kategori 3 di Puerto del Manquillo dan Alto de Bocos. Finisnya di Picón Blanco. Itu adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 7,6 kilometer dengan gradien rata-rata 9,1 persen.

Taaramae membentuk kelompok breakaway bersama tujuh pembalap lainnya. Mereka melepaskan diri sejak 15 kilometer setelah start. Kedelapan pembalap ini benar-benar tak terkejar. Mereka seperti dibiarkan memimpin hingga kilometer pemungkas.

Taaramae memaksimalkan situasi ini. Ia menyelesaikan Etape 3 sebagai pemenang. Mantan pembalap Astana itu finis pertama dengan catatan waktu 5 jam 16 menit 57 detik. Joe Dombrowski (UAE Team Emirates) finis kedua dengan gap 21 detik. Lalu Kenny Elissonde (Trek-Segafredo) di posisi tiga dengan selisih 36 detik.

"Balapan ini adalah tentang apakah peloton akan menangkap kami atau tidak. Ketika saya melihat bahwa kami tak terkejar, saya menakar kekuatan Joe dan Kenny. Mereka semua pembalap yang bagus," imbuhnya.

Tidak sekadar menang, Taaramae sekaligus melengserkan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dari puncak GC. Pembalap asal Slovenia itu tercecer di peringkat tujuh di Etape 3. Terpaut hampir dua menit di belakang Taaramae.

Taaramae berada di puncak GC dan berhak mengenakan jersey merah ketika start di Etape 4, Selasa (17/8). Ini adalah kali pertama ia memuncaki klasemen overall di ajang Grand Tour. Oleh sebab itu, Taaramae begitu gembira serta sangat bangga.

"Saya sudah 34 tahun dan saya tidak punya waktu bertahun-tahun lagi untuk mencoba melakukan ini. Saya pernah memenangkan etape di Vuelta dan Giro. Tapi mengenakan jersey pemimpin di Grand Tour adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya akan menikmatinya untuk beberapa hari ke depan," tuturnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Rein Taaramae (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 5 jam 16 menit 57 detik
2. Joe Dombrowski (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +21
3. Kenny Elissonde (Prancis), Trek-Segafredo +36
4. Lilian Calmejane (Prancis), AG2R Citroën +1:16
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:45
6. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +1:48
7. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:48
8. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:48
9. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:48
10. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +1:48

General Classification usai 3 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Rein Taaramae (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 9 jam 25 menit 44 detik
2. Kenny Elissonde (Prancis), Trek-Segafredo +25
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +30
4. Lilian Calmejane (Prancis), AG2R Citroën +35
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +45
6. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +51
7. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +57
8. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +57
9. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +57
10. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:09

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS