Van den Berg Menang, Almeida Juara Overall

Joao Almeida memenangi Tour de Pologne 2021, Minggu (15/8). Kemenangan ini bisa menjadi kado perpisahan pembalap asal Portugal itu dengan Deceuninck-QuickStep. Almeida akan hijrah ke UAE Team Emirates mulai musim depan.

Tour de Pologne 2021 menjadi ajang WorldTour pertama yang dimenangi Almeida selama dua musim bersama tim asal Belgia itu. Sekaligus menjadi kemenangan terbesar bagi Almeida selama lima tahun menekuni karier di olahraga ini.

"Saya sangat senang. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan bahwa saya memenangkan balapan etape. Sesuatu yang saya kerjakan dengan sangat keras akhirnya membuahkan hasil," ucap Almeida dilansir laman resmi Deceuninck-QuickStep.

Tak hanya memuncaki General Classification (GC), Almeida juga mendominasi points classifcation. Mendapatkan dua jersey di Polandia membuatnya makin girang. "Ini adalah sesuatu yang luar biasa yang tidak dapat saya impikan di awal balapan," sambungnya.

Selain membawa Almeida sebagai juara, Deceuninck-QuickStep juga memuncaki tabel Team classification. Pencapaian di Tour de Pologne tahun ini sekaligus mengulang sukses mereka tahun lalu. Kala itu tim berjuluk The Wolfpack ini mengantarkan Remco Evenepoel sebagai pemenang overall.

"Kami ada di setiap panggung, kami berjuang keras dan kami menunjukkan semangat Wolfpack. Jadi kami bisa bangga dengan diri kami sendiri," sebut Almeida.

Sementara itu, Julius van den Berg (EF Education-Nippo) berhasil memenangi Etape 7. Tahapan pemungkas ini menyuguhkan rute sepanjang 145,1 kilometer. Membentang dari Zabrze hingga Kraków. Van den Berg menuntaskannya dalam 2 jam 58 menit 46 detik.

Pembalap asal Belanda tersebut mengungguli Alexis Renard (Israel Start-up Nation) dan Matteo Jorgenson (Movistar). "Saya tidak tahu peloton begitu dekat. Kami melaju dengan kecepatan penuh dan mencoba untuk mendapatkan yang terbaik dari itu. Akhirnya, kami berhasil," kata van den Berg kepada TVP Sport.

Van den Berg mendedikasikan kemenangan itu untuk mendiang Bjorg Lambrecht, yang meninggal pada 2019 setelah mengalami kecelakaan di Etape 3 Tour de Pologne. "Dua tahun terakhir di Polandia tidak begitu baik. Dua tahun lalu Bjorg Lambrecht meninggal. Tahun lalu Fabio Jakobsen jatuh sangat parah," ungkapnya.

"Jadi sejujurnya, saya hampir tidak datang ke sini. Sebab saya pikir tidak menyukai balapan ini. Tetapi jika terus memikirkan sisi buruknya, tidak ada hal baik yang akan keluar darinya. Saya membuktikannya di sini. Saya pergi ke Polandia, saya mencoba segalanya. Kemenangan ini untuk Bjorg," imbuhnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Tour de Pologne 2021 (Top Ten)
1. Julius van den Berg (Belanda), EF Education-Nippo 2 jam 58 menit 46 detik
2. Alexis Renard (Prancis), Israel Start-up Nation +0
3. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +0
4. Gianni Moscon (Italia), Ineos Grenadiers +0
5. Alvaro Hodeg (Kolombia), Deceuninck-QuickStep +0
6. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
7. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
8. John Degenkolb (Jerman), Lotto Soudal +0
9. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
10. Lionel Taminiaux (Belgia), Alpecin-Fenix +0

Final General Classification (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 26 jam 15 menit 56 detik
2. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +20
3. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +27
4. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +37
5. Mikkel Honore (Denmark), Deceuninck-QuickStep +53
6. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +57
7. Jai Hindley (Australia), Team DSM +1:06
8. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +1:25
9. Ben Tulett (Inggris), Alpecin-Fenix +1:28
10. Pascal Eenkhoorn (Belanda), Jumbo-Visma +1:30

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS