Kalahkan Jakobsen, Philipsen Rebut Green Jersey

Fabio Jakobsen (Deceuninck-QuickStep) begitu dekat dengan kemenangan terbesarnya musim ini. Namun mimpi itu harus tertunda untuk sementara waktu. Sebab Jakobsen ditumbangkan Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix) dalam adu sprint di Etape 2 La Vuelta a Espana, Minggu (15/8).

Pembalap asal Belanda ini datang ke Vuelta a Espana sebagai sprinter utama Deceuninck-QuickStep. Setelah kecelakaan horor di Tour de Pologne 2020, Jakobsen perlahan bangkit musim ini. Dua kemenangan di Tour de Wallonie berbuah tiket ke Spanyol.

Seolah ingin menataptilasi sukses Mark Cavendish di Tour de France 2021, Jakobsen juga diharapkan mencuri kemenangan panggung di Spanyol. Kans itu terbuka di Etape 2. Rutenya sangat cocok untuk sprinter. Start dari Caleruega menuju Burgos, peloton menempuh jarak 166,7 kilometer.

Jakobsen membuka peluang untuk menang dengan menyerang dari sisi kanan jalan di 50 meter pemungkas. Ia berhasil menyalip Michael Matthews (Team BikeExchange) dan Juan Sebastian Molano (UAE Team Emirates). Namun kemenangannya dibuyarkan Philipsen.

Philipsen yang melaju dari kiri jalan, berhasil mengungguli Jakobsen. Selisihnya sangat tipis. Hanya beberapa sentimeter saja. Philipsen mencatatkan waktu 3 jam 58 menit 57 detik. Jakobsen finis kedua dan Matthews di posisi tiga.

"Sungguh menakjubkan melihat semua rekan tim saya di sana. Semua orang berada di garis depan. Jadi saya mendapat banyak dukungan dari tim. Ini alasan adalah bagaimana kami bisa memenangkan sprint. Saya pikir kami melakukan pekerjaan yang sangat bagus," katanya dilansir Cyclingnews.

Ini adalah kemenangan keduanya di Vuelta a Espana. Sebelumnya, semasa masih membela panji (UEA Team Emirates), Philipsen memenangkan Etape 15 di balapan musim lalu. "Ini adalah target terbesar saya. Saya senang bisa meraihnya di etape sprint pertama," sambungnya.

Kemenangan di Etape 2 membuat pembalap 23 tahun itu memimpin points classification dengan koleksi 50 poin. Ia berhak mendapatkan green jersey. Namun Philipsen tak bisa bersantai. Sebab Jakobsen dan Alex Aranburu (Astana-Premier Tech) juga mencatat jumlah poin yang sama dengannya.

"Sekarang kami hanya melanjutkan dan kami mencoba untuk mendapatkan kemenangan yang lain. Saya pikir tidak hanya di sprint, tetapi di medan lain," tegasnya.

Sementara itu, hasil Etape 2 tidak berdampak ke posisi Primoz Roglic (Jumbo-Visma) di General Classification (GC). Rider asal Slovenia itu tetap kokoh di puncak. Roglic masih akan mengenakan jersey merah saat start di Etape 3, Senin (16/8). (mainsepeda)

Hasil Etape 2 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix 3 jam 58 menit 57 detik
2. Fabio Jakobsen (Belanda), Deceuninck-QuickStep +0
3. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
4. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0
5. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +0
6. Jon Izaga (Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +0
7. Martin Laas (Estonia), Bora-Hansgrohe +0
8. Riccardo Minali (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
9. Florian Vermeersch (Belgia), Lotto Soudal +0
10. Piet Allegaert (Belgia), Cofidis +0

General Classification usai 2 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 7 menit 29 detik
2. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +4
3. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +10
4. Josef Cerny (Republik Ceko) Deceuninck-QuickStep +10
5. Dylan van Baarle (Belanda), Ineos Grenadiers +11
6. Andrea Bagioli (Italia), Deceuninck-QuickStep +12
7. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +14
8. Jan Polanc (Slovenia), UAE Team Emirates +15
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +15
10. Chad Haga (Amerika Serikat), Team DSM +17

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS