Arndt Menang, Mohoric Tempel Almeida

Nikias Arndt (Team DSM) mengubur harapan Matej Mohoric (Bahrain Victorious) untuk memenangkan Etape 5 Tour de Pologne 2021, Jumat (13/8). Pembalap asal Jerman tersebut mengalahkan Mohoric dalam adu sprint di Bielsko-Biala.

Tahapan kelima ini berlangsung di rute sejauh 172,8 kilometer. Dari Chocholów menuju Bielsko-Biala. Etape ini memiliki tiga tanjakan Kategori 1 di Przelecz Krowiarki, Kocierz, dan Przelecz Przegibek. Kemudian peloton akan mengitari Bielsko-Biala dalam tiga lap.

Arndt menyelesaikan etape ini dengan catatan waktu 4 jam 2 menit 20 detik. Mohoric finis kedua. Sementara Stefano Oldani (Lotto Soudal) berada di posisi tiga. Sedangkan pemuncak General Classification (GC), Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep) finis keempat.

"Itu adalah sprint yang sangat sulit," kata Arndt dalam keterangan resminya."Saya merasa sangat baik di lap terakhir dan sepanjang hari. Tetapi itu adalah final yang keras dan cepat. Tim menempatkan saya di posisi yang sangat bagus di lap terakhir dan saya bisa mendapat manfaatnya saat finis," jabarnya.

Nikias Arndt (Team DSM) unggul sangat tipis dari Matej Mohoric (Bahrain Victorious)

Arndt sangat menantikan kemenangan ini. Sebab ia tidak pernah naik podium utama selama hampir dua tahun. Kemenangan terakhirnya terjadi di Etape 8 La Vuelta a Espana 2019. Ia menjadi pembalap Jerman ketiga yang menang di Tour de Pologne. Ia mengikuti jejak John Degenkolb dan Marcel Kittel.

"Saya sangat senang bisa meraih kemenangan ini untuk tim. Mereka percaya pada saya dan bekerja keras untuk menempatkan saya di posisi yang sangat bagus," aku rider 29 tahun ini.

Sementara itu, kecelakaan mewarnai jalannya lomba di Etape 5. Kecelakaan pertama terjadi di dua kilometer menjelang finis. Kemudian pembalap Bora-Hansgrohe jatuh di sisi kanan jalan di 700 meter pemungkas. Insiden ini menyebabkan efek riak dan lebih banyak pembalap tumbang di sisi lain dari jalan.

Hasil Etape 5 belum menggoyahkan posisi Almeida dari puncak GC. Hanya saja, pembalap asal Portugal itu makin terancam oleh Mohoric. Keduanya hanya terpaut dua detik saja. Berikutnya, Etape 6 menyuguhkan balapan time trial di Katowice. Jaraknya 19,1 kilometer.

"Semuanya akan tergantung pada apa yang bisa saya lakukan di lintasan itu. Saya siap memberikan segalanya untuk mempertahankan jersey kuning ini," tegas Almeida. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour de Pologne 2021 (Top Ten)
1. Nikias Arndt (Jerman), Team DSM 4 jam 2 menit 20 detik
2. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +0
3. Stefano Oldani (Italia), Lotto Soudal +0
4. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +0
5. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +0
6. Quinten Hermans (Belgia) Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
7. David Dekker (Belanda), Jumbo-Visma +0
8. Jake Stewart (Inggris), Groupama - FDJ +0
9. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroën +0
10. Mikkel Honore (Denmark), Deceuninck-QuickStep +0

General Classification usai 5 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 22 jam 54 menit 44 detik
2. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +2
3. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +14
4. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +21
5. Lorenzo Rota (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +32
6. Jai Hindley (Australia), Team DSM +32
7. Giovanni Aleotti (Italia), Bora-Hansgrohe +32
8. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +32
9. Einer Rubio (Kolombia), Movistar +36
10. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +36

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS