Menang Lagi, Almeida Makin Kokoh di Puncak GC

Joao Almeida menang di Etape 4 Tour de Pologne 2021, Kamis (12/8). Pembalap skuad Deceuninck-QuickStep itu melompati Matej Mohoric (Bahrain Victorious) untuk mendapatkan kemenangan keduanya musim ini. Sekaligus mempertahankan posisinya puncak General Classification (GC).

Etape 4 menyuguhkan rute sejauh 159,9 kilometer. Start dari Tarnów menuju Bukovina Resort. Peloton harus melalui dua tanjakan Kategori 2 di Chomranice dan Lapszanka. Finisnya pun nanjak. Pembalap mendaki sejauh 1,9 kilometer dengan gradien 7,3 persen.

Lima pembalap memisahkan diri sekitar 15 kilometer setelah start. Mereka adalah Attila Valter (Groupama-FDJ), Edward Theuns (Trek-Segafredo), Quinten Hermans (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux), Marco Canola (Gazprom-RusVelo), dan Larry Warbasse (AG2R Citroën).

Tak lama kemudian, Hermans mundur dan kembali ke peloton. Tersisa empat pembalap di kelompok breakaway. Mereka sempat meninggalkan rombongan besar dengan gap empat menit di puncak Chomranice. Namun gap itu makin terkikis mendekati finis.

Seluruh pembalap breakaway akhirnya kembali ke peloton ketika lomba tersisa tujuh kilometer. Dua pembalap tim Deceuninck-QuickStep, Remi Cavagna dan Mikkel Honore, mengambil kendali. Mereka membuka ruang bagi Almeida untuk memenangkan etape ini.

Almeida tidak membuang kesempatan tersebut. Pembalap asal Portugal ini menumbangkan Mohoric untuk meraih kemenangan di Bukovina Resort. Mohoric harus puas di posisi kedua. Sedangkan Andrea Vendrame (AG2R Citroën) finis ketiga.

"Ini adalah etape yang sulit dengan banyak jalan naik turun. Tim banyak membantu dan saya berterima kasih atas kerja keras mereka. Rémi dan Mikkel membuat langkah yang bagus di tanjakan terakhir. Memaksa yang lain untuk mengejar dengan keras dan menutup jarak. Itu sangat membantu saya," aku Almeida.

Kemenangan ini membuat Almeida makin kokoh di puncak GC. Calon pembalap UAE Team Emirates tersebut menjauh dari dua pesaing terdekatnya, yakni Mohoric dan Diego Ulissi (UAE Team Emirates). Almeida sekaligus mempertahankan jersey kuning di ajang ini.

"Kami akan menghadapi tahap sulit lainnya di Etape 5. Dengan sirkuit akhir yang berat. Tetapi kami akan melakukan yang terbaik dan menunjukkan semangat dan motivasi tim yang sama," tegasnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour de Pologne 2021 (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 3 jam 51 menit 32 detik
2. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +0
3. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroën +0
4. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +0
5. Dion Smith (Selandia Baru), Team BikeExchange +0
6. Jai Hindley (Australia), Team DSM +0
7. Ben Tulett (Inggris), Alpecin-Fenix +0
8. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +0
9. Antonio Tiberi (Italia), Trek-Segafredo +0
10. Quinten Hermans (Belgia) Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0

General Classification usai 4 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 18 jam 52 menit 24 detik
2. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +8
3. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +14
4. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +21
5. Jai Hindley (Australia), Team DSM +32
6. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +32
7. Lorenzo Rota (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +32
8. Giovanni Aleotti (Italia), Bora-Hansgrohe +32
9. Einer Rubio (Kolombia), Movistar +36
10. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +36

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS