Victory Perdana Almeida untuk The Wolfpack

Joao Almeida akhirnya memberi kemenangan perdana untuk Deceuninck-QuickStep di ajang WorldTour. Ia finis pertama di Etape 2 Tour de Pologne 2021, Selasa (10/8) tengah malam waktu Indonesia. Ia mengalahkan Diego Ulissi (UAE Team Emirates) dan Matej Mohoric (Bahrain Victorious) di Przemysl.

Almeida tampil di WorldTour sejak bergabung dengan Deceuninck-QuickStep pada 2020 lalu. Ia langsung mencuri perhatian lantaran memimpin General Classification (GC) Giro d'Italia 2020 selama 15 hari. Sayang Almeida hanya finis di urutan keempat di klasemen overall.

Tahun ini adalah musim terakhirnya bersama The Wolfpack, julukanan skuad Deceuninck-QuickStep. Almeida memutuskan tak memperpanjang kerja sama demi melayani Tadej Pogacar di UAE Team Emirates. Ia dikontrak hingga 2026 oleh tim asal Uni Emirat Arab tersebut.

Memasuki penghujung pengabdiannya, Almeida akhirnya memberi victory perdana bagi Deceuninck-QuickStep. Ini adalah kemenangan pertamanya di ajang WorldTour. Sekaligus yang kedua dalam kariernya setelah menang di kejuaraan nasional time trial Portugal pada Juni lalu.

"Saya sangat senang, karena ini adalah kemenangan yang luar biasa bagi saya. Saya sedikit gugup sebelum memulai pendakian terakhir. Tetapi segera setelah kami tiba di sana, saya menyadari betapa baik perasaan saya dan memutuskan untuk melancarkan serangan all-or-nothing," ungkap Almeida.
Etape 2 Tour de Pologne 2021 start dari Zamosc menuju Przemysl. Total jaraknya 200,8 kilometer. Selain tiga tanjakan Kategori 2 dan Kategori 3, pembalap harus nanjak sejauh 1,5 kilometer dengan kemiringan delapan persen untuk mencapai finis. Almeida menyelesaikan etape ini dengan catatan waktu 4 jam 41 menit 33 detik.

"Saya hanya fokus pada diri sendiri dan mengelola tenaga dengan baik. Bahkan setelah Ulissi datang, saya terus tetap tenang dan masih memiliki cukup waktu untuk meraih kemenangan," aku pembalap 23 tahun ini.

Kemenangan di Etape 2 membuat Almeida langsung naik ke puncak GC. Ia unggul empat detik atas Mohoric dan Ulissi. Mantan member ProTeam Hagens Berman Axeon ini akan mengenakan jersey kuning ketika start di Etape 3, Rabu (11/8).

"Untuk mendapatkan kemenangan di sini, dengan pendakian yang brutal, memberi saya banyak kepuasan. Jersey kuning hanyalah hadiahnya. Selanjutnya kamiakan melihat apa yang bisa dilakukan di GC. Sekarang saya ingin menikmati hari yang tak terlupakan ini bagi saya dan tim," bilangnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour de Pologne 2021 (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 4 jam 41 menit 33 detik
2. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +0
3. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +0
4. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +4
5. Mikkel Honore (Denmark) Deceuninck-QuickStep +8
6. Lorenzo Rota (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +12
7. Jai Hindley (Australia) Team DSM +12
8. Giovanni Aleotti (Italia), Bora-Hansgrohe +12
9. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +12
10. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +16

General Classification usai 2 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 9 jam 42 menit 47 detik
2. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +4
3. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +4
4. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +11
5. Mikkel Honoré (Denmark), Deceuninck-QuickStep +18
6. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +22
7. Lorenzo Rota (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +22
8. Jai Hindley (Australia), Team DSM +22
9. Giovanni Aleotti (Italia), Bora-Hansgrohe +22
10. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +26

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, ATCommunication/TDP


COMMENTS