Pogacar Kuasai Yellow, White, dan Polkadot Jersey!

Secara kalkulasi, sulit untuk mengejar tadej Pogacar (UAE Team Emirates) saat ini. Pembalap asal Slovenia itu diambang gelar juara Tour de France 2021. Pogi, begitu ia akrab disapa, bahkan bisa mendapatkan tiga jersey sekaligus.

Pogacar untuk sekali lagi menunjukkan betapa kuatnya ia ditanjakan. Rider 22 tahun itu memenangkan Etape 18, Kamis (15/7). Ia mengungguli dua rival terdekatnya saat ini, yakni Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers).

"Sulit dipercaya. Setelah kemarin lalu saya menang lagi hari ini. Saya tidak tahu. Saya merasa baik dan saya sangat senang dengan kemenangan itu. Ini gila. Itu adalah permainan bagi saya sejak saya mulai dan saya menikmati memainkannya. Saya sangat senang," katanya seusai balapan.

Etape 18 merupakan panggung gunung terakhir di Tour de France musim ini. Panjang rutenya 129,7 kilometer. Peloton melaju dari Pau menuju Luz Ardiden. Kali ini ada dua tanjakan Hors Categorie (HC) yang ditaklukkan para pembalap, yakni Col du Tourmalet dan Luz Ardiden.

Pogacar berada di grup terdepan bersama Vingegaard, Carapaz, dan Enric Mas (Movistar) di kilometer final. Setelah menyalip Mas di 600 meter terakhir, Pogacar tak terkejar hingga menjadi pembalap pertama yang mencapai garis finis.

Pogacar menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 3 jam 33 menit 45 detik. Vingegaard dan Carapaz finis kedua dan ketiga dengan selisih dua detik. Sedangkan Enric Mas di posisi keempat dengan gap 13 detik.

"Itu sangat sulit. Saat di Tourmalet, Anda hanya duduk di atas kemudi dan melupakan segalanya dan hanya fokus," imbuhnya.
Sebelumnya, Pogacar juga memenangkan Etape 17 di Col du Portet. Dua kemenangan beruntun mengenakan yellow jersey membuatnya menyamai catatatn Bernard Hinault. Legenda balap sepeda asal Prancis ini juga melakukannya di Etape 23 dan 24 di Tour de France 1979.

Hasil Etape 18 memantapkan posisi Pogacar di General Classification (GC). Ia unggul lebih dari lima menit dari Vingegaard dan Carapaz. Pogacar juga memuncaki tabel young rider classification (white jersey). Tak cuma itu saja, ia juga menjadi pemuncak mountains classification. Secara matematis, ia telah memenangkan polkadot jersey.

"Kamu tidak pernah tahu. Sebab masih tiga hari lagi. Hanya saja, semua kelihatannya bagus," terang rider 22 tahun ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 18 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 3 jam 33 menit 45 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +2
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +2
4. Enric Mas (Spanyol), Movistar +13
5. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-up Nation +24
6. Sepp Kuss (Amerka), Jumbo-Visma +30
7. Sergio Higuita (Kolombia), EF Education-Nippo +33
8. Ben O'Connor (Australia). AG2R Citroën +34
9. Wilco Kelderman (Belanda) Bora-Hansgrohe +34
10. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +40

General Classification usai 18 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 75 jam 2 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +5:45
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +5:51
4. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +8:18
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +8:50
6. Enric Mas Nicolau (Spanyol), Movistar +10:11
7. Alexey Lutsenko (Kazakstan), Astana-Premier Tech +11:22
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +12:46
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +13:48
10. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +18:42

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 50

Foto: Getty Images


COMMENTS