Cavendish Menyamai Rekor Kemenangan Merckx

Mark Cavendish (Deceuninck-QuickStep) benar-benar spektakuler. Sprinter 36 tahun ini memenangkan Etape 13 Tour de France 2021, Jumat (9/7). Kemenangan ini membuat Cavendish menyamai rekor milik Eddy Merckx, yakni 34 kemenangan di Tour de France.

Seperti yang dikatakan Merckx dalam wawancara dengan Sporza beberapa waktu lalu, melihat Cavendish tampil dan menang lagi di Tour de France adalah sebuah keajaiban. Sulit membayangkan hal ini akan terjadi. Mengingat Cavendish bahkan tidak tampil di ajang ini dalam dua tahun sebelumnya.

Akan tetapi, seperti yang disampaikan Merckx pula, bahwa terkadang keajaiban tersebut ada di olahraga ini. Dan Cavendish adalah salah satu buktinya.

Cavendish tampil di Tour de France 2021 sebagai pengganti Sam Bennett yang mengalami cedera. Hanya hanya publik, bahkan tim Deceuninck-QuickStep, tidak berani berekspektasi terlalu tinggi. Meski tampil bagus di Tour of Turkey dan Belgium Tour, level Tour de France berada jauh di atasnya.

Inilah tempat berkumpulnya para pembalap terbaik di dunia. Cavendish harus bertarung dengan sprinter yang cepat dan usianya jauh lebih muda. Kemudian keajaiban itu terjadi. Ia mengguncang dunia dengan menang sprint di Etape 4 di Fougères.

Cavendish makin menggila. Ia kembali memenangkan sprint di Etape 6 dan Etape 10. Tiga kemenangan tidak membuatnya puas. Cavendish meraih kemenangan keempatnya di Etape 13. Membuatnya mengoleksi 34 kemenangan. Menyamai rekor milik Merckx yang telah bertahan selama 46 tahun.

"Saat saya melewati garis finis, rekor itu sebenarnya tidak ada dalam pikiran saya. Saya hanya senang telah mengambil kemenangan lagi," aku Cavendish seusai lomba.

"Saya tidak pernah bisa membandingkan diri saya dengan Eddy Merckx. Tetapi jika mereka yang mengikuti olahraga ini dapat terinspirasi oleh apa yang saya lakukan, maka itu yang paling penting. Hal itu akan memberi saya kegembiraan yang luar biasa," imbuh pembalap berjuluk Manx Missile itu.

Etape 13 merupakan panggung flat terakhir di pekan kedua Tour de France 20. Peloton bergerak dari Nîmes ke Carcassonne. Total jaraknya 219,9 kilometer.

Cavendish menuntaskan etape ini dengan catatan waktu 5 jam 4 menit 29 detik. Rekan setimnya di Deceuninck-QuickStep, Michael Morkov finis di posisi kedua. Sedangkan tempat ketiga jadi milik Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix).

"Ini salah satu kemenangan tersulit saya. Namun saya memiliki orang-orang yang mengerahkan hati mereka untuk mengantarkan saya ke posisi yang sempurna. Rekan-rekan saya sangat fenomenal dalam cara mereka mengendalikan berbagai hal. Itu sebabnya saya sangat senang bisa berbagi momen tak terlupakan ini dengan mereka," ungkap Cavendish.

Setelah meraih empat kemenangan di Tour de France 2021 serta menyamai rekor milik Merckx, Cavendish berpeluang besar meraih green jersey. Ia memimpin points classification dengan 279 poin. Michael Matthews (Team BikeExchange) di posisi kedua dengan 178 poin.

"Sebagai seorang anak saya bermimpi untuk memenangkan satu etape di Tour de France. Kini saya punya 34 kemenangan. Sungguh luar biasa. Sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan. Tetapi untuk itu saya bekerja sangat keras," terangnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 13 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Mark Cavendish (Inggris), Deceuninck-QuickStep 5 jam 4 menit 29 detik
2. Michael Morkov (Denmark), Deceuninck-QuickStep +0
3. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
4. Ivan Garcia Cortina (Spanyol), Movistar +0
5. Danny van Poppel (Belanda), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
6. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +0
7. Christophe Laporte (Prancis), Cofidis +0
8. André Greipel (Jerman), Israel Start-up Nation +0
9. Magnus Cort (Denmark), EF Education-Nippo +0
10. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +0

General Classification usai 13 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 52 jam 27 menit 12 detik
2. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +5:18
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +5:32
4. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +5:33
5. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +5:58
6. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +6:16
7. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +6:30
8. Enric Mas (Spanyol), Movistar +7:11
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +9:29
10. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +10:28

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 49

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS