Van Aert Selamatkan Gengsi Jumbo-Visma

Berselang 24 jam setelah finis kedua di belakang Mark Cavendish di Etape 10, Wout van Aert (Jumbo-Visma) memenangkan Etape 11 Tour de France 2021, Rabu (7/7). Sementara Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih bertengger di puncak General Classification (GC).

Etape 11 merupakan mountain stage pertama di pekan kedua Tour de France. Total jaraknya 198,9 kilometer. Peloton bertolak dari Sorgues menuju Malaucène. Tahapan ini menyuguhkan lima tanjakan. Salah satunya adalah Mont Ventoux, tanjakan Hors Categorie sepanjang 5,7 kilometer dengan gradien 8,7 persen.

Balapan dibuka dengan kecelakaan Tony Martin di 15 kilometer setelah start. Pembalap asal Jerman itu harus out dari balapan. Membuat skuad Jumbo-Visma kini tersisa lima pembalap saja. Empat pembalap kemudian melakukan breakaway setelah menanjak di Côte de Gordes. Salah satunya Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep).

Setelah kelompk breakaway rontok, Kenny Elissonde (Trek-Segafredo) mulai meninggalkan grup terdepan di sisa 37 kilometer. Disusul Van Aert dan Bauke Mollema (Trek Segafredo) tak lama kemudian. Van Aert pun tancap gas. Ia menjadi pembalap pertama yang mencapai puncak Mont Ventoux.

Selepas itu ia tak terkejar hingga finis pertama di Malaucène. Van Aert menyelesaikan balapan ini dengan catatan waktu 5 jam 17 menit 43 detik. Dua pembalap Trek-Segafredo, Elissonde dan Mollema finis kedua dan ketiga dengan selisih lebih dari satu menit.

Ini adalah kemenangan pertama juara nasional Belgia itu di Tour de France musim ini. Sekaligus yang keempat di balapan paling akbar di dunia tersebut.

"Saya kehilangan kata-kata. Tentu saja saya tidak menyangka bisa memenangkan etape ini. Tahapan ini salah satu pendakian paling ikonik di Tour de France dan di dunia bersepeda. Mungkin ini kemenangan terbaik saya," aku Van Aert seusai lomba.

Van Aert menjelaskan bahwa kemenangan ini sangat penting untuknya dan tim Jumbo-Visma. Ia mengalami masalah usus buntu sebelum dimulainya Tour de France 2021. Membuatnya diragukan tampil dengan performa terbaik di ajang ini.

Jumbo-Visma pun mengalami pukulan telak. Mereka kehilangan Primoz Roglic yang digadang-gadang sebagai calon juara. Kini, mereka harus menyelesaikan event ini dengan sisa lima pembalap. "Jika Anda terus termotivasi dan terus percaya, maka suatu hari nanti itu akan berhasil. Saya sangat bangga," terangnya.

Sementara itu, finis keempat di Etape 11 memastikan Pogacar tetap berada di puncak GC. Ia unggul lebih dari lima menit dari dua pesaing terdekatnya, yakni Rigoberto Uran (EF Education-Nippo) dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma). (mainsepeda)

Hasil Etape 11 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 5 jam 17 menit 43 detik
2. Kenny Elissonde (Prancis), Trek-Segafredo +1:14
3. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +1:14
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +1:38
5. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +1:38
6. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +1:38
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +1:38
8. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +1:56
9. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:56
10. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3:02

General Classification usai 11 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 43 jam 44 menit 38 detik
2. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +5:18
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +5:32
4. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +5:33
5. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +5:58
6. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +6:16
7. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +6:30
8. Enric Mas (Spanyol), Movistar +7:11
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +9:29
10. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +10:28

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 49

Foto: Getty Images


COMMENTS