Cavendish Hat-trick Menang, Pogacar Tetap Kuning

Mark Cavendish (Deceuninck-QuickStep) membuka pekan kedua Tour de France 2021 dengan sempurna. Rider asal Inggris tersebut memenangkan Etape 10, Selasa (6/7). Ini adalah kemenangannya yang ketiga di event balap paling akbar tersebut.

Tahapan ini berangkat dari Albertville menuju Valence. Panjang rutenya 190,7 kilometer. Rutenya cenderung flat dengan kombinasi tanjakan pendek di tengah lomba. Cavendish dalam posisi yang tepat di kilometer pemungkas. Michael Morkov memastikan sprinter 36 tahun ini tak terkejar.

Cavndish meningkatkan kecepatannya di 100 meter terakhir. Dua pembalap Belgia, Wout Van Aert (Jumbo-Visma) dan Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix). Akan tetapi, usaha mereka berujung sia-sia. Cavendish finis pertama dengan catatan waktu 4 jam 14 menit 7 detik.

Kemenangan di Valence membayar kegagalannya pada 2015 lalu. Kala itu Cavendish terjatuh. Sedangkan André Greipel keluar sebagai pemenangnya. "Saya mempelajarinya," bilang mantan pembalap Bahrain Victorious itu.

"Kami tahu jika kami mengambil sudut lebar terakhir, Anda dapat menjaga kecepatan. Itu terbelah oleh angin, tapi kami tidak mencoba membelahnya. Kami tidak terganggu oleh itu. Kami yakin kami memiliki tim untuk sprint," imbuh Cavendish.

Kemenangannya di Etape 10 menambah koleksi kemenangan Cavendish di Tour de France 2021. Sebelumnya, Cavendish menang di Etape 4 di Fougères dan Etape 6 di Châteauroux. Cavendish mengoleksi 33 kemenangan di Tour. Terpaut satu kemenangan dari legenda balap sepeda Eddy Merckx.

"Sejujurnya, saya tidak percaya ia bisa kembali. Namun keajaiban terkadang bisa terjadi dalam bersepeda. Saya pikir itu keajaiban," bilangnya Merckx tentang Cavendish seperti yang dilansir Sporza.

Sementara itu, hasil Etape 7 tidak mengubah komposisi pembalap di sepuluh besar General Classification (GC). Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih berada di puncak. Pembalap asal Slovenia ini akan mengenakan yellow jersey saat start di Etape 11 di Sorgues, Rabu (7/7). (mainsepeda)

Hasil Etape 10 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Mark Cavendish (Inggris), Deceuninck-QuickStep 4 jam 14 menit 7 detik
2. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
3. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
4. Nacer Bouhanni (Prancis), Arkea-Samsic +0
5. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
6, Michael Morkov (Denmark), Deceuninck-QuickStep +0
7. André Greipel (Jerman), Israel Start-up Nation +0
8. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +0
9. Anthony Turgis (Prancis), TotalEnergies +0
10. Cees Bol (Belanda), Team DSM +0

General Classification usai 10 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 38 jam 25 menit 17 detik
2. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +2:01
3. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +5:18
4. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +5:32
5. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +5:33
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +5:47
7. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +5:58
8. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +6:12
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +7:02
10. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +7:22

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 48

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS