Julian Alaphilippe Rebut Yellow Jersey Pertama

Ambisi Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) untuk mendapatkan yellow jersey pertama di Tour de France 2021 berhasil tercapai. Juara dunia 2020 ini finis pertama di Etape 1, Sabtu (26/6). Ia melibas rute sejauh 198 kilometer dengan catatan waktu 4 jam 39 menit dan 5 detik.

Sebagai jagoan tuan rumah, Alaphilippe memasang target tancap gas sejak etape pembuka. Pembalap 29 tahun ini merasa karakter rute di Etape 1 sangat sesuai dengannya.

Tour de France 2021 dibuka dari Brest, kota pelabuhan yang terletak di regional Brittany. Para pembalap menaklukkan empat tanjakan Kategori 4 dan dua tanjakan Kategori 3. Finisnya di Landerneau, tanjakan Kategori 3 sepanjang 3,2 kilometer dengan gradien 5,3 persen.

Alaphilippe menyerang sendirian ketika lomba tersisa dua kilometer. Grup yang berisi para pembalap unggulan macam Primoz Roglic (Jumbo-Visma), Tadej Pogacar (UAE Team Emirates), dan Geraint Thomas (Ineos Grenadiers), baru merespons di kilometer pemungkas.

Terlambat. Alaphilippe sudah terlampau jauh untuk dikejar. Ia menjadi pembalap pertama yang melewati garis akhir di Landerneau. Michael Matthews (Team BikeExchange) finis kedua dan Roglic di tempat ketiga. Keduanya terpaut delapan detik dari sang juara dunia.

"Ketika saya melihat celahnya, saya langsung berpikir untuk tancap gas," kata Alaphilippe selepas balapan. "Ini adalah kemenangan yang sangat spesial bagi saya," imbuhnya.

Ini adalah kemenangan keenamnya di Tour de France. Yang lebih spesial, kemenangan ini terjadi di Etape 1. Lebih cepat daripada lima kemenangan lainnya yang telah ia dapat di balapan paling akbar di dunia tersebut.

"Jujur, ini benar-benar luar biasa. Ini adalah skenario yang saya bayangkan. Mengawali Tour de France dengan sukses. Ini perasaan yang luar biasa. Tim saya melakukan pekerjaan yang hebat,"

Setelah menuntaskan Etape 1, para pembalap bersiap untuk memulai Etape 2, Minggu (27/6) besok. Lomba akan start dari Perros-Guirec menuju Mûr-de-Bretagne.

Terdapat lima tanjakan yang harus ditaklukkan peloton. Salah satunya Mûr-de-Bretagne yang menjadi titik finis. Itu adalah tanjakan Kategori 3 sepanjang dua kilometer dengan kemiringan 6,8 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep 4 jam 39 menit 5 detik
2. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +8
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +8
4. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +8
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +8
6. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +8
7. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +8
8. Sergio Higuita Garcia (Kolombia), EF Education-Nippo +8
9. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +8
10. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +8

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 47

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS