Tour de Suisse 2021 - Etape 1
Stefan Kung Menang TT, Tom Dumoulin Balapan lagi
by - June 07, 2021

Tour de Suisse 2021 telah dimulai dari Frauenfeld, Minggu (6/6). Etape pertama melombakan balapan time trial di sirkuit sepanjang 10,9 kilometer. Pembalap tuan rumah Stefan Kung (Groupama-FDJ) menjadi pemenang etape pembuka ini.

Tour de Suisse diikuti para pembalap top. Pasalnya, balapan ini merupakan ajang warming up sebelum berlomba di Tour de France 2021 pada akhir Juni nanti. Startlist-nya pun tak main-main. Skuad Ineos Grenadiers mengutus Richard Carapaz ke Swiss. Kemudian ada Tim Dumoulin (Jumbo-Visma) yang baru kembali dari cuti.

Tak ketinggalan ada Maximilian Schachmann (Bora-Hansgrohe), Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix), dan juara dunia 2020 Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep).

Kung menyelesaikan tahapan ini dengan sempurna. Melahap medan sepanjang 10,9 kilometer dengan catatan waktu 12 menit. Pembalap Swiss lainnya, Stefan Bissegger (EF Education-Nippo) finis di posisi kedua dengan gap 4 detik. Sedangkan Mattia Cattaneo (Deceuninck-QuickStep) di peringkat ketiga dengan selisih 12 detik.

Kemenangan time trialist 27 tahun tersebut memang sudah diprediksi. Pasalnya, rute yang dilalui di Etape 1 ini merupakan makanannya sehari-hari.

"Saya tinggal satu kilometer dari sini. Saya berlatih di jalan ini setiap hari. Saya percaya diri sebelum start. Saya tahu apa yang harus dilakukan dan saya mengeksekusinya dengan sempurna," bilang mantan pembalap tim BMC Racing itu.

Bermain di kandang sendiri serta dukungan dari publik sekitar membuat kemenangan ini terasa lebih manis untuk sang juara time trial Swiss dan Eropa tersebut. Ia mengaku seang karena keluarganya mendukung langsung di pinggir jalan. "Kemenangan ini jadi istimewa," sebutnya.

Tak sekadar menang di Etape 1, Kung sekaligus memuncaki General Classification (GC). Kung akan mengenakan yellow jersey saat start di Etape kedua, Senin (7/6) nanti.

Sementara itu, Tour de Suisse 2021 menandai debut Dumpulin di musim 2021. Sebelumnya, rider asal Belanda ini memutuskan cuti pada awal musim setelah merasa kehilangan gairah di olahraga balap sepeda. Debutnya tidak mengecewakan. Ia finis ke-16, terpaut 32 detik dari Kung.

"Saya selalu ingin mengeluarkan semuanya dari diri saya sendiri. Itulah yang saya lakukan lagi hari ini. Saya puas, meskipun saya masih melihat banyak peluang untuk tumbuh," katanya dalam laman resmi tim. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour de Suisse 2021 (Top Ten)
1. Stefan Kung (Swiss), Groupama-FDJ 12 menit 00 detik
2. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education-Nippo +4
3. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +12
4. Tom Scully (Selandia Baru), EF Education-Nippo +15
5. Julian Alaphilippe (Praancis) Deceuninck-QuickStep +19
6. Jonas Rutsch (Jerman), EF Education-Nippo +22
7. Jannik Steilme (Jerman), Deceuninck-QuickStep +22
8. Florian Vermeersch (Belgia), Lotto Soudal +22
9. Soren Kragh Andersen (Denmark), Team DSM +22
10. Rohan Dennis (Australia), Ineos Grenadiers +23

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 44

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Buchli Fotografi, Getty Images


COMMENTS