Bernal Juara Overall, Ganna Sapu Bersih Time Trial

Kisah Egan Bernal di Italia berakhir manis. Ujung tombak Ineos Grenadiers tersebut meraih gelar juara overall di Giro d'Italia 2021. Sukses tim mapan asal Inggris ini kian lengkap setelah Filippo Ganna berhasil merebut kemenangan di etape time trial pemungkas di Milan, Minggu (30/5).

Bernal datang ke Negeri Pizza dengan sejuta keraguan. Pasalnya, ia baru sembuh dari cedera punggung. Cedera inilah yang membuatnya angkat kaki di Tour de France 2020 lalu. Banyak kalangan menilai masalah yang belum tuntas ini akan membebani Bernal selama di Italia.

Pembalap asal Kolombia ini mengakui bahwa cederanya memang belum sembuh 100 persen. Terkadang ia masih merasakannya ketika berlomba. Tapi, berkat perawatan yang tepat selama di Italia, Bernal dapat meminimalisasi rasa nyeri di punggungnya itu.

Bernal mulai memimpin General Classification (GC) dan mengenakan maglia rosa (pink jersey) setelah menang di Etape 9. Ia terus mempertahankan kuasanya hingga balapan pamungkas di Milan. Ia menyelesaikan lomba time trial sejauh 30,3 kilometer itu di posisi ke-24 dengan catatan waktu 35 menit 41 detik.

"Ini adalah lomba time trial pertama yang saya nikmati. Saya selalu menderita di time trial, tetapi hari ini adalah hari yang istimewa," ucap Bernal seusai balapan.

Hasil Etape 21 memastikan Bernal sebagai juara overall di Giro musim ini. Rider Italia, Damiano Caruso (Bahrain Victorious) mengunci tempat kedua. Sementara posisi ketiga menjadi milik Simon Yates (Team BikeExchange).

"Saya melihat banyak bendera Kolombia di mana-mana dan orang-orang bersorak untuk saya. Ketika saya tiba dan menyadari bahwa saya telah menang, itu adalah perasaan yang luar biasa. Saya tidak bisa menggambarkan apa yang saya rasakan di dalam diri saya," aku Bernal.

Ini adalah kemenangan keduanya di Grand Tour. Sebelumnya, Bernal menjuarai Tour de France 2019. Prestasi brilian di Giro 2021 membayar segudang nasib sial yang dialaminya sepanjang musim lalu. Sebuah musim di mana Bernal cuma meraih satu kemenangan dan terlempar dari Tour de France.

Bukan hanya merebut maglia rosa alias pink jersey, Bernal juga mengamankan jersey putih sebagai pembalap muda terbaik. Sementara Ineos Grenadiers juga meraih gelar juara Team Classification. Mempertahankan tahta yang mereka duduki sejak musim lalu.

Ini adalah kemenangan ketiga untuk skuad yang dulu bernama Team Sky tersebut. Sebelumnya, mereka juara Giro 2018 bersama Chris Froome. Lalu memenangkan Giro 2020 lewat Tao Geoghegan Hart.

"Ini adalah Grand Tour ke-12 yang telah kami menangkan. Sekarang, di setiap turnamen, ada momen di mana pemenang selalu menderita. Yang terpenting adalah bagaimana Anda mengaturnya. Jika Anda merespons terlalu banyak maka Anda akan tergelincir. Anda harus tetap tenang," kata bos Ineos Grenadiers Sir Dave Brailsford.

Sementara itu, Ganna berhasil mempertahankan kuasanya di Milan. Sekaligus menyapu bersih etape time trial di Giro musim ini. Top Ganna, julukannya, menyelesaikan Etape 21 dengan catatan waktu 33 menit 48 detik. Lebih cepat 12 detik dari juara time trial Prancis Rémi Cavagna (Deceuninck-QuickStep).

Kemenangan ini terasa lebih sulit karena Ganna sempat mengalami masalah di tengah lomba. Membuatnya harus berganti sepeda. "Saya mengganti sepeda dengan sangat baik. Sangat cepat, seperti balapan formula satu," ucapnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 21 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers 33 menit 48 detik
2. Rémi Cavagna (Prancis), Deceuninck-QuickStep +12
3. Edoardo Affini (Italia), Jumbo-Visma +13
4. Matteo Sobrero (Italia), Astana-Premier Tech +14
5. João Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +27
6. Maximilian Walscheid (Jerman), Qhubeka Assos +33
7. Alberto Bettiol (Italia), EF Education-Nippo +34
8. Jan Tratnik (Slovenia), Bahrain Victorious +42
9. Gianni Moscon (Italia), Ineos Grenadiers +44
10. Iljo Keisse (Belgia), Deceuninck-QuickStep +47

Final General Classification (Top Ten)
1. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers 86 jam 17 menit 28 detik
2. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:30
3. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +4:15
4. Aleksandr Vlasov (Rusia) Astana-Premier Tech +6:40
5. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +7:24
6. João Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +7:24
7. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +8:05
8. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +8:56
9. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +11:44
10. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +18:35

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 43

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: RCS Sport, Getty Images


COMMENTS