Sagan Akhirnya Menang, Bernal Tetap Pink

Penantian Peter Sagan untuk mendapatkan kemenangan di Giro d'Italia 2021 berakhir. Superstar tim Bora-Hansgrohe ini finis pertama di Etape 10, Senin (17/5) malam. Kemenangan ini mengantarkannya ke puncak points classification, serta mendapatkan maglia ciclamino (jersey ungu).

Sagan sebenarnya tampil cukup baik di pekan pertama Giro 2021. Hanya saja ia belum cukup beruntung untuk meraih kemenangan. Padahal Sagan selalu berada di grup terdepan di tahapan-tahapan yang berakhir dengan adu sprint.

Sagan finis kelima di Etape 2, lalu finis ketiga di Etape 3, dan finis keempat di Etape 5. Setelah menanti selama lebih dari seminggu, Sagan akhirnya menang jua. Pembalap asal Slovakia ini menjadi yang tercepat di Etape 10.

Tahapan ini merupakan penutup pekan pertama Giro 2021. Panjang rutenya hanya 139 kilometer. Para pembalap melaju dari L'Aquila menuju Foligno. Rutenya memang memanjakan para sprinter. Setelah tanjakan Kategori 4 di Valico della Somma, medannya cenderung menurun hingga garis finis di Foligno.

Tim Bora-Hansgrohe mendoninasi kilometer terakhir. Ada dua pembalap yang mengawal Sagan, yakni Daniel Oss dan Maciej Bodnar. Kemudian Juan Sebastian Molano (UAE Team Emirates) memulai sprint di sisa 500 meter. Ia membawa Sagan dan Fernando Gaviria (UAE Team Emirates) bersaing di 100 meter pemungkas.

Sagan yang melaju dengan kecepatan tinggi, berhasil finis pertama di tahapan ini. Ia menyelesaikan Etape 10 dengan catatan waktu 3 jam 10 menit 56 detik. Gaviria finis kedua. Sementara pembalap Italia, Davide Cimolai (Israel Start-up Nation) berada di posisi ketiga.

"Yang pasti hari ini adalah hari yang sangat baik bagi kami. Kami mencoba yang terbaik dan pada akhirnya saya menang. Saya sangat senang untuk itu. Saya harus mengucapkan terima kasih kepada semua rekan satu tim saya," bilang Sagan seusai lomba.

Ini merupakan kemenangan keduanya di Giro d'Italia. Sebelumnya, Sagan mengemas satu kemenangan pada musim lalu. Kesuksesan di Etape 10 memastikan Sagan memuncaki points classification dan mengenakan maglia ciclamino. Sagan berhasrat untuk mempertahankan jersey ini selama mungkin.

"Kami masih memiliki setengah jalan untuk maju. Saya akan mencoba yang terbaik (untuk jersey ungu)," tegas juara dunia tiga kali tersebut.

Sementara itu, finis di posisi ke-38 di Etape 10 memastikan Egan Bernal tidak beranjak dari puncak General Classification (GC). Pembalap asal Kolombia tersebut ditempel ketat Remco Evenepoel (Deceuninck-QuickStep) dan Aleksandr Vlasov (Astana-Premier Tech).

Giro d'Italia 2021 akan libur sehari. Balapan di Etape 11 akan berlanjut Rabu (19/5) besok. Tahapan akan dimulai dari Perugia menuju Montalcino. Total jaraknya 162 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 10 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe 3 jam 10 menit 56 detik
2. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
3. Davide Cimolai (Italia), Israel Start-up Nation +0
4. Stefano Oldani (Italia), Lotto Soudal +0
5. Gianni Vermeersch (Belgia), Alpecin-Fenix +0
6. Dries De Bondt (Belgia), Alpecin-Fenix +0
7. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroën +0
8. Vincenzo Albanese (Italia), Eolo-Kometa +0
9. Elia Viviani (Italia), Cofidis +0
10. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0

General Classification usai 10 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers 38 jam 30 menit 45 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +14
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +22
4. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +37
5. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ +44
6. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +45
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +46
8. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +52
9. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +56
10. Davide Formolo (Italia), UAE Team Emirates +1:02

Foto: Getty Images, RCS Sport


COMMENTS