Akhis Penantian Panjang Joe Dombrowski

Setelah melalui lima musim tanpa kemenangan di Giro d'Italia, Joe Dombrowski akhirnya naik podium di balapan terakbar di Negeri Pizza tersebut. Rider UAE Team Emirates ini memenangkan Etape 4 Giro d'Italia 2021, Selasa (11/5) malam. Sementara Alessandro De Marchi (Israel Start-Up Nation) naik ke puncak General Classification (GC) dan merebut pink jersey.

Pembalap 29 tahun ambil bagian di Giro sejak 2016, dan tidak pernah absen sejak saat ini. Hanya saja ia tidak pernah mendapatkan peran sentral di event ini. Baik semasa masih membalap bersama tim EF maupun ketika hijrah ke UAE Team Emirates. Hingga Giro 2020 kemarin, Dombrowski belum memperoleh satu kemenangan pun.

Penantian panjangnya berakhir Selasa malam. Rider kelahiran Delaware ini naik podium di Etape 4. Dombrowski menjadi yang tercepat dalam balapan sepanjang 187 kilometer dari Piacenza menuju Sestola. Ia menyelesaikan tahapan ini dalam 4 jam 58 menit 38 detik.

"Saya merasa baik di 50 kilometer terakhir dan saya berusaha untuk tidak membuang banyak tenaga karena saya tahu bahwa tanjakan terakhir adalah yang tersulit di Etape ini," komentar Dombrowski seusai lomba.

Hujan deras membuat suhu menjadi lebih dingin dan lintasan lebih licin. Membuat para pembalap harus hati-hati agar tak tergelincir. Ketika peloton melaju dalam kecepatan sedang, sekitar 25 pembalap mencoba memisahkan diri di sisa 150 kilometer. Dombrowski termasuk di dalamnya.

Kemudian tiga pembalap melepaskan diri dari kelompok terdepan di sisa 60 kilometer. Mereka adalah Christopher Juul-Jensen (Team BikeExchange), serta dua rider Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux (IWG), yakni Quinten Hermans dan Rein Taaramäe. Mereka baru tertangkap saat nanjak di Colle Passerino.

Dombrowski mulai unjuk gigi. Ia menjadi pembalap pertama yang mencapai puncak Colle Passerino. Eks anggota Team Sky tersebut berhasil mempertahankan posisinya hingga finis pertama di Sestola. De Marchi finis kedua dengan selisih 13 detik. Sementara Filippo Fiorelli (Bardiani-CSF-Faizanè) di posisi ketiga dengan gap 27 detik.

"Ketika kami gap tujuh-delapan menit. Saya tahu kelompok ini memiliki peluang bagus untuk menjauh. Saya harus tetap memperhatikan. Ada 25 pembalap dan Anda harus siap menghadapi serangan. Saya bisa mengikuti semuanya dan saya bisa mendapatkan celah itu," bilang Dombrowski.

Alessandro De Marchi memuncaki General Classification (GC) dan merebut pink jersey

Betapa senangnya Dombrowski. Kemenangan di Eape 4 Giro d'Italia 2021 merupakan yang keempat sekaligus yang terbesar sepanjang kariernya. Sebelumnya, ia memperoleh tiga kemenangan etape di ajang Tour of Utah musim 2015 dan 2019.

"Setelah bertahun-tahun mengetuk pintu, kemenangan yang sangat pantas akhirnya didapat Joe Dombrowski," tulis UAE Team Emirates di akun media sosialnya.

Hasil Etape 4 langsung merombak komposisi pembalap di GC. De Marchi naik sebelas tingkat ke puncak GC. Ia menggusur Filippo Ganna (Ineos Grenadiers). Pembalap 34 tahun itu akan mengenakan jersey pink di Etape 5, Rabu (12/5) besok.

"Saya mulai berpikir untuk mendapatkan Maglia Rosa sejak dua hari lalu, tetapi saya tidak memberi tahu siapa pun. Maglia Rosa adalah impian masa kecil setiap pembalap sepeda, terutama bagi seorang Italia," katanya. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Joe Dombrowski (Amerika Serikat), UAE Team Emirates 4 jam 58 menit 38 detik
2. Alessandro De Marchi (Italia), Israel Start-up Nation +13
3. Filippo Fiorelli (Italia), Bardiani CSF Faizane +27
4. Louis Vervaeke (Belgia), Alpecin-Fenix +29
5. Jan Tratnik (Slovenia), Bahrain Victorious +29
6. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ +44
7. Nicolas Edet (Prancis), Cofidis +49
8. Nelson Oliveira (Portugal), Movistar +57
9. Rein Taaramäe (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +1:33
10. Christopher Juul-Jensen (Denmark), Team BikeExchange +1:36

General Classification usai 4 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Alessandro De Marchi (Italia), Israel Start-up Nation 13 jam 50 menit 44 detik
2. Joe Dombrowski (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +22
3. Louis Vervaeke (Belgia), Alpecin-Fenix +42
4. Nelson Oliveira (Portugal), Movistar +48
5. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ +1:00
6. Nicolas Edet (Prancis), Cofidis +1:15
7. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +1:24
8. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +1:28
9. Alberto Bettiol (Italia), EF Education-Nippo +1:37
10. Hugh Carthy (Inggris) EF Education-Nippo +1:38

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: RCS Sport, Getty Images


COMMENTS