Tour de Romandie 2021 - Etape 5 (Habis)
Cavagna Menang ITT, Thomas Juara Overall
by - May 02, 2021

Setelah mengalami nasib sial di Etape 4 Sabtu (1/5) kemarin, Geraint Thomas berhasil menjadi juara overall Tour de Romandie 2021, Minggu (2/5) malam. Ini adalah kemenangan perdana bagi rider Ineos Grenadiers itu setelah Tour de France 2018 silam.

Thomas seharusnya bisa membungkus gelar juara Tour de Romandie 2021 lebih cepat andai ia tidak terjatuh di etape kemarin. Tapi malang tidak dapat dihindari. Thomas terpelanting dari sepedanya saat balapan tersisa 50 meter. Ia akhirnya finis ketiga di Etape 4.

Beruntung kecelakaan itu tidak membuatnya mengalami cedera parah. Membuat Thomas dapat tampil maksimal di Etape 5 yang melombakan balapan time trial di Fribourg, Minggu malam. Panjang rutenya 16.19 kilometer. Ia finis ketiga di tahapan ini.

Remi Cavagna

Juara time trial Prancis Remi Cavagna (Deceuninck–QuickStep) mengukir catatan waktu terbaik dengan 21 menit 54 detik. Stefan Bissegger (EF Education–Nippo) di posisi kedua dengan selisih enam detik. Sementara Thomas di peringkat ketiga dengan gap 17 detik.

"Saya sangat senang. Terutama setelah kecelakaan kecil kemarin yang tidak ideal," canda Thomas. "Itu jelas membuat balapan ini menjadi lebih menantang," ucap Thomas seusai lomba.

Hasil Etape 5 sudah cukup untuk mengukuhkan Thomas sebagai juara overall di Tour de Romandie 2021. Posisi kedua ditempati rekan Thomas di Ineos Grenadiers, Richie Porte. Tempat ketiga menjadi milik Fausto Masnada dari Deceuninck–QuickStep.

"Sejujurnya balapan ini mengingatkan saya ketika saya memenangkan Tour de France 2018. Etape terakhirnya adalah balapan time trial seperti ini. Dengan direktur olahraga bicara di radio dan meminta saya untuk tidak melakukan hal bodoh," jelas.

"Saya sangat senang untuk menyelesaikannya. Ini merupakan minggu yang luar biasa bagi tim," imbuh pembalap 34 tahun tersebut.

Kemenangan di Tour de Romandie 2021 adalah gelar pertama Thomas setelah Tour de France 2018. Thomas sebenarnya dijagokan menang di Giro d'Italia tahun lalu. Akan tetapi, ia harus angkat kaki lebih awal setelah mengalami crash di Etape 3.

Thomas tidak dijadwalkan untuk balapan lagi sampai Tour de France 2021 yang akan dimulai penghujung Juni mendatang. Thomas akan berlatih keras agar tampil dalam bentuk terbaiknya di Prancis nanti. Ia ingin berbuat sesuatu untuk Ineos Grenadiers.

Thomas akan berjuang di Prancis bersama Porte, Rohan Dennis, Laurens De Plus, Richard Carapaz, Luke Rowe, Jonathan Castroviejo, Michal Kwiatkowski, serta pemenang Giro 2020, Tao Geoghegan Hart. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour de Romandie 2021 (Top Ten)
1. Remi Cavagna (Prancis), Deceuninck–QuickStep 21 menit 54 detik
2. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education–Nippo +6 detik
3. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +17
4. Ilan Van Wilder (Belgia), Team DSM, +18
5. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +20
6. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck–QuickStep +21
7. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck–Quick-Step +29
8. Marc Soler (Spanyol), Movistar +34
9. Rohan Dennis (Australia), Ineos Grenadiers +35
10. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +37

Final General Classification (Top Ten)
1. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers 17 jam 59 menit 57 detik
2. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +28 detik
3. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck–QuickStep +38
4. Marc Soler (Spanyol), Movistar +39
5. Michael Woods (Kanada), Israel Start-Up Nation +43
6. Ben O’Connor (Australia), AG2R Citroën +45
7. Ion Izagirre (Spanyol), Astana–Premier Tech +1:08
8. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +1:22
9. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +1:30
10. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +2:20

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Billy Ceusters


COMMENTS