Tour de Romandie 2021 - Etape 4
Thomas Jatuh di Thyon, Woods Puncaki GC
by - May 01, 2021

Aduh, nahas betul nasib Geraint Thomas. Pembalap Ineos Grenadiers ini terpental dari sepedanya saat nanjak di Thyon. Ia terjatuh di 50 meter menjelang finis. Membuatnya kehilangan podium utama di Etape 4. Sekaligus gagal memuncaki General Classification Tour de Romandie 2021.

Etape 4 merupakan yang terberat di event yang digelar di Swiss ini. Panjangnya 161,3 kilometer. Para pembalap harus melahap lima tanjakan. Tiga di antaranya merupakan tanjakan Kategori 1. Pertama di Anzere sepanjang 14,6 kilometer dengan gradien 6,9 persen.

Kemudian tanjakan Suen sepanjang 13,7 kilometer dengan kemiringan 6,7 persen. Tanjakan terakhir ada di Thyon 2000 yang menjadi akhir dari balapan ini. Panjangnya 20,7 kilometer dengan kemiringan 7,6 persen. Di sinilah Thomas tumbang sekaligus kehilangan kemenangan perdananya musim ini.

Rider asal Wales ini bersaing dengan Michael Woods (Israel Start-Up Nation) di 1,5 kilometer pemungkas. Thomas berada di depan Woods saat balapan tersisa 100 meter. Tapi nasibnya benar-benar malang. Ia terpelanting dari sepedanya ketika berusaha menjangkau garis finis. Thomas tumbang di 50 meter terakhir.

Thomas tak langsung bangkit. Ia tersungkur di aspal selama beberapa saat. Pada saat yang sama, Woods melaju mulus melewati garis finis. Ketika Thomas berusaha mengayuh pedalnya lagi, ia disalip oleh Ben O'Connor (AG2R Citroën). O'Connor finis kedua dan Thomas di tempat ketiga.

"Saya tidak merasakan apa pun. Ketika saya mencoba mengganti gigi, saya malah kehilangan keseimbangan. Ini membuat saya sangat frustasi," aku Thomas dalam wawancara dengan CyclingPro seusai balapan.

Kecelakaan ini membuat Thomas kehilangan waktu 21 detik. Ia juga harus merelakan posisi pertama di GC kepada Woods. Pembalap asal Kanada ini unggul 11 detik atas juara Tour de France 2018 ini. Kabar baiknya, kecelakaan ini tidak membuat Thomas mengalami cedera serius. Ia mengaku bahwa kondisinya baik-baik saja.

"Saya baik-baik saja. Perasaan ini lebih ke frustrasi karena kehilangan waktu seperti itu pada hari yang berat. Itu benar-benar membuat frustrasi. Sekarang saya hanya ingin mandi air panas dan menenangkan diri. Saya tidak boleh terlalu emosional," ucap pembalap 34 tahun itu.

Insiden di Etape 4 ini tidak menutup peluangnya untuk memenangkan Tour de Romandie. Ia harus tampil maksimal di Etape 5, Minggu (2/5) malam. Etape 5 akan melombakan balapan time trial di Fribourg. Panjang rutenya 16.19 kilometer.

"Saya masih memiliki sesuatu untuk diperjuangkan. Saya hanya ingin memenangkan sesuatu," tegas Thomas.

Sementara itu, Woods sadar jika peluangnya untuk mempertahankan posisi di puncak GC akan kecil. Sebab ia kurang kencang di balapan time trial. Sementara catatan waktunya dengan Thomas hanya berselisih 11 detik. "Itu tidak cukup untuk saya," katanya.

"Orang-orang itu dapat melakukan time trial dengan sangat baik. Jadi saya hanya akan menikmati mengenakan jersey kuning ini. Mudah-mudahan saya bisa mendapatkan hasil time trial yang baik di etape terakhir," harap mantan atlet atletik ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour de Romandie 2021 (Top Ten)
1. Michael Woods (Kanada), Israel Start-Up Nation 4 jam 58 menit 35 detik
2. Ben O’Connor (Australia), AG2R Citroën +17 detik
3. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +21
4. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +34
5. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck–QuickStep +37
6. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +42s
7. Ion Izagirre (Spanyol), Astana–Premier Tech +42s
8. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +52
9. Marc Soler (Spanyol), Movistar +53
10. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +1:57

General Classification usai 4 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Michael Woods (Kanada), Israel Start-Up Nation 17 jam 37 menit 35 detik
2. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +11 detik
3. Ben O’Connor (Australia), AG2R Citroën +21
4. Marc Soler (Spanyol), Movistar +33
5. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +36
6. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck–QuickStep +45
7. Ion Izagirre (Spanyol), Astana–Premier Tech +48
8. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +49
9. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +1:04
10. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:58

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS