Tour de Romandie 2021 - Etape 3
Marc Soler Menang dan Ambil Alih Yellow Jersey
by - April 30, 2021

Rohan Dennis (Ineos Grenadiers) lengser dari puncak General Classification (GC) Tour de Romandie 2021. Insiden di Etape 3 pada Jumat (30/4) malam membuat pembalap asal Australia tersebut melorot ke ranking 23. Kini puncak GC dikuasai pembalap asal Spanyol Marc Soler (Movistar).

Tahapan ini dilangsungkan di Estavayer dengan rute sepanjang 168,7 kilometer. Tak ada hambatan berarti kecuali dua tanjakan Kategori 3 di Chables dan Les Granges. Hujan yang sempat mengguyur lintasan membuat pembalap lebih hati-hati agar tidak tergelincir.

Nahas bagi Dennis. Ia mengalami kecelakaan di 8,7 kilometer menjelang finis. Tak jelas bagaimana eks pembalap Bahrain-Merida itu harus mencium aspal. Sebab insiden yang dialami Dennis tidak terpantau oleh kamera televisi. Yang jelas, kecelakaan ini membuat Dennis harus menyerahkan jersey kuning kepada Soler.

Pembalap 27 tahun itu dengan cepat melompat di sisa 8,6 kilometer, lalu menyerang sendirian menuju faris finis. Sekitar 500 meter berselang, Ion Izagirre coba mengejar rekan senegaranya tersebut. Namun Izagirre tertangkap oleh grup pengejar di sisa 2,5 kilometer.

Marc Soler (kiri) dan mendiang Jesus Hoyos

Sementara Soler yang tak terkejar oleh pembalap lain, berlenggang kangkung tanpa pesaing saat melintasi garis finis di Estavayer. "Kemenangan ini saya persembahkan untuk Jesus Hoyos," kata Soler seusai lomba. Hoyos adalah dokter tim Movistar selama 24 tahun hingga 2020 lalu. Ia meninggal Jumat karena sakit.

Soler mengakui bahwa Etape 3 ini berlangsung sangat sulit. Terutama setelah turunnya hujan. Selain harus ekstra waspada karena jalanan licin, hujan juga membuat suhu lebih dingin. "Ada banyak serangan pada tanjakan terakhir. Namun saya menyimpan milik saya untuk momen kunci dan itu berjalan dengan baik," akunya.

Kemenangan ini bermakna besar untuk Soler. Sebab inilah victory pertamanya musim ini. Sebelumnya, Soler telah tampil di dua event balap, yakni Tirreno-Adriatico dan Volta a Catalunya. Ia mengakhiri kedua balapan itu tanpa satu kemenangan pun.

Selain itu, hasil Etape 3 membuat Soler berhak atas jersey kuning sebagai tanda pemuncak GC. Ia unggul 14 detik dari dua pembalap Ineos Grenadiers, yakni Geraint Thomas dan Richie Porte. Soler menegaskan akan mempertahankan kedudukannya hingga tahapan pamungkas Minggu (2/5) nanti.

"Yang jelas, kemenangan ini membari saya suntikan semangat untuk menyongsong Giro d'Italia 2021," tegas Soler. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tour de Romandie 2021 (Top Ten)
1. Marc Soler (Spanyol), Movistar 3 jam 58 menit 35 detik
2. Magnus Cort (Denmark), EF Education-Nippo +22
3. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +22
4. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +22
5. Gorka Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +22
6. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +22
7. Ilan Van Wilder (Belgia), Team DSM +22
8. Sepp Kuss (Amerika), Jumbo-Visma +22
9. Ion Izagirre (Spa) Astana-Premier Tech +22
10. Rui Costa (Portugal), UAE Team Emirates +22

General Classification usai 3 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Marc Soler (Spanyol), Movistar 12 jam 38 menit 40 detik
2. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +14
3. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +14
4. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +14
5. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +16
6. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +20
7. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +21
8. Ilan van Wilder (Belgia), Team DSM +21
9. Sepp Kuss (Amerika), Jumbo-Visma +21
10. Rui Costa (Portugal), UAE Team Emirates +24

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Movistar


COMMENTS