Colbrelli Beri Victory Ketiga bagi Bahrain Victorious

Sonny Colbrelli mempersembahkan kemenangan ketiga untuk tim Bahrain Victorious pada musim ini. Pembalap 30 tahun tersebut naik podium utaam di Etape 2 Tour de Romandie 2021, Kamis (29/4) malam. Colbrelli menyisihkan Patrick Bevin (Israel Start-Up Nation) dan Marc Hirschi (UAE Team Emirates).

Colbrelli belum merasakan satu gelar pun pada musim ini. Kemenangan terakhirnya diperoleh di Etape 2 La Route d'Occitanie 2020 pada Agustus tahun lalu. Pembalap asal Italia ini hampir menang di Etape 1 our de Romandie kemarin. Tapi ia kalah cepat dari Peter Sagan (Bora-Hansgrohe).

Kemenangan yang telah diidamkan Colbrelli akhirnya didapatkan di Etape 2. Tahapan ini dimulai dari La Neuveville. Para pembalap harus menempuh rute sejauh 165,7 kilometer. Mereka harus melewati enam tanjakan. Termasuk tanjakan Kategori 1 di La Vue-des-Alpes sepanjang 7,8 kilometer dengan gradien 6,8 persen.

Selepas La Vue-des-Alpes, pembalap bersua rute turunan dan datar sepanjang 17 kilometer hingga garis finis di Saint-Imier. Kemudian tim-tim mulai menata kereta cepatnya di kilometer pemungkas. Colbrelli melaju kencang di 200 meter terakhir dengan Bevin menempel ketat di belakangnya.

Colbrelli berhasil finis pertama dengan catatan waktu 4 jam 21 menit 42 detik. Bevin di posisi kedua dan Hirschi di peringkat ketiga. "Tim saya melakukan pekerjaan yang hebat. Mereka melakukan yang terbaik untuk membawa saya ke sana," kata Colbrelli seusai lomba.

Menurut mantan pembalap Bardiani-CSF tersebut, kemenangan ini mengobati kekecewaannya atas hasil Etape 1 kemarin. "Kemarin saya memulai sprint terlalu dini. Tapi hari ini saya melakukannya dengan benar. Saya memang menderita di pendakian. Tapi angin membanti saya mengatasinya," imbuh Colbrelli.

Rohan Dennis masih berada di puncak General Classification (GC)

Meski tidak menggoyahkan posisi Rohan Dennis (Ineos Grenadiers) di puncak klasemen, hasil Etape 2 mengubah struktur pembalap di posisi sepuluh besar di General Classification (GC). Bevin naik ke peringkat kedua menggusur Geraint Thomas (Ineos Grenadiers). Sementara melesat 15 tingkat ke peringkat lima.

Tour de Romandie 2021 akan berlangsung Jumat (30/4) malam. Etape 3 akan berlangsung di sirkuit Estavayer sepanjang 168,7 kilometer. Dua tanjakan Kategori3 di Chables dan Les Granges tak akan menghadirkan hambatan besar bagi pebalap GC. Tapi dapat memicu beberapa upaya untuk melepaskan diri. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour de Romandie 2021 (Top Ten)
1. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious 4 jam 21 menit 42 detik
2. Patrick Bevin (Selandia Baru), Israel Start-up Nation +0
3. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +0
4. Clement Champoussin (Prancis), AG2R Citroën +0
5. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +0
6. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
7. Ilan van Wilder (Belgia), Team DSM +0
8. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck-QuickStep +0
9. Rui Costa (Portugal), UAE Team Emirates +0
10. Marc Soler (Spanyol), Movistar +0

General Classification usai 2 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Rohan Dennis (Australia), Ineos Grenadiers 8 jam 39 menit 48 detik
2. Patrick Bevin (Selandia Baru), Israel Start-up Nation +8
3. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +9
4. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +9
5. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +9
6. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +11
7. Jesus Herrada (Spanyol), Cofidis +14
8. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +15
9. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +16
10. Ilan van Wilder (Belgia), Team DSM +16

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS