Buah Penantian Sebelas Tahun Peter Sagan

Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) mengantongi kemenangan keduanya pada musim ini. Pembalap asal Slovakia itu memenangkan Etape 1 Tour de Romandie 2021, Rabu (28/4) malam. Kemenangan ini membawa Sagan menembus posisi lima di General Classification (GC).

Etape 1 Tour de Romandie 2021 membawa pembalap melewati medan sepanjang 168,1 kilometer. Mereka bertolak dari Aigle. Setelah tiba di Fully, pembalap akan mengitari sirkuit selama tiga kali. Sekitar 22 kilometer menuju finis di Martigny adalah jalanan yang flat.

Jika melihat karakteristik medannya, Sagan termasuk pembalap yang difavoritkan bisa memenangkan etape ini. Prediksi itu dibuktikan dengan performa tangguh sang superstar saat beradu sprint di kilometer pemungkas.

Sagan langsung bereaksi ketika Sonny Colbrelli (Bahrain Victorious) meluncurkan serangan di 200 meter terakhir. Sprinter 31 tahun ini berhasil menyalip Colbrelli dan sukses mempertahankan kedudukannya hingga finis pertama di Martigny. Colbrelli finis kedua dan Patrick Bevin (Israel Start-up Nation) di posisi ketiga.

Kemenangan ini sekaligus mengakhiri penantian sebelas tahun sang superstar. Kemenangan terakhirnya di Tour de Romandie terjadi pada 2010 silam. Sagan yang kala itu membela Liquigas-Doimo merebut podium utama di etape 2. Ia mengungguli Francesco Gavazzi (Lampre) dan Nicolas Roche (AG2R La Mondiale).

"Saya sangat senang bisa menang lagi di Tour de Romandie. Pada musim 2010 silam saya berhasil menang di sini. Sebelas tahun kemudian saya mendapatkan menang lagi. Saya harus berterima kasih kepada rekan satu tim atas pekerjaan hebat mereka hari ini," ucap Sagan seusai lomba.

Ini adalah kemenangan keduanya musim ini. Sebelumnya, Sagan naik podium di Etape 6 Volta a Catalunya, tepat empat pekan yang lalu. Setelah balapan di Catalan, Sagan ambil bagian di Tour of Flanders pada 4 April dan finis ke-15 di sana.

"Rasanya menyenangkan setelah tiga minggu tanpa balapan saya datang ke sini dan menang. Mungkin ini satu-satunya etape yang cocok untuk saya karena yang berikut akan sangat sulit," sebut pembalap yang kontraknya di Bora-Hansgrohe akan habis akhir tahun ini.

Profil rute Etape 2 Tour de Romandie 2021

Berikutnya, Etape 2 akan dimulai dari La Neuveville menuju Saint-Imier. Total jaraknya 165,7 kilometer. Enam tanjakan harus ditaklukkan para pembalap. Termasuk tanjakan Kategori 1 di La Vue-des-Alpes sepanjang 7,8 kilometer dengan gradien 6,8 persen.

"Besok akan lebih rumit dari hari ini. Ada lebih banyak pendakian dari hari ini. Kita akan lihat apa yang bisa dilakukan oleh kaki-kaki ini," ucap Rohan Dennis (Ineos Grenadiers), sang pemuncak klasemen GC. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour de Romandie 2021 (Top Ten)
1. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe 4 jam 12 menit 40 detik
2. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +0
3. Patrick Bevin (Selandia Baru), Israel Start-up Nation +0
4. Andrea Pasqualon (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
5. Alessandro Covi (Italia), UAE Team Emirates +0
6. Magnus Cort (Denmark), EF Education-Nippo +0
7. Dion Smith (Selandia Baru) Team BikeExchange +0
8. Clement Venturini (Prancis), AG2R Citroën +0
9. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +0
10. Jacopo Mosca (Italia), Trek-Segafredo +0

General Classification usai 1 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Rohan Dennis (Australia), Ineos Grenadiers 4 jam 18 menit 6 detik
2. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +9
3. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +9
4. Rémi Cavagna (Prancis), Deceuninck-QuickStep +11
5. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +12
6. Jan Tratnik (Slovenia), Bahrain Victorious +13
7. Patrick Bevin (Selandia Baru), Israel Start-up Nation +14
8. Jesus Herrada (Spanyol), Cofidis +14
9. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +15
10. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +15

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Foto: Getty Images


COMMENTS