Dennis Menang Prologue Tour de Romandie 2021

Ineos Grenadiers langsung menabuh genderang perang di prologue (time trial pendek) pembuka Tour de Romandie 2021, Selasa (27/4) malam. Tim kaya raya asal Inggris ini mendominasi tiga besar dengn Rohan Dennis sebagai pemenangnya.

Pembalap asal Australiaa ini meraih kemenagan di rute sepanjang 4 kilometer di Oron. Dennis mencatatkan waktu 5 menit 26 detik. Ia unggul sembilan detik dari dua rekan setimnya di Ineos Grenadiers, yakni Geraint Thomas dan Richie Porte.

Dennis mengunci kemenangannya saat lomba baru berlangsung setengah jalan. Start di nomor 80 dari total 140 peserta, catatan waktu milik Dennis tidak dapat disalip oleh pembalap top lain. Termasuk Geraint Thomas yang melaju terakhir di balapan ini.

Ineos Grenadiers tak hanya membawa Dennis sebagai juara, serta Thomas dan Porte menempati posisi kedua dan ketiga. Pembalap asal Italia Filippo Ganna juga berhasil meneronos sepuluh besar.

Akan tetapi, juara dunia time trial 2020 ini gagal naik podium karena hanya finis kesembilan. Ganna terpaut 15 detik di belakang Dennis.

Meski jaraknya pendek, namun balapan ini tidak mudah. Sebab rutenya tidak 100 persen flat. Pembalap harus nanjak di kilometer terakhir dengan gradien 6,5 persen. "Menurut saya 800 meter terakhir sangat menyakitkan," aku Dennis seusai balapan.

Ini adalah kemenangan keduanya pada musim ini. Sebelumnya, mantan juara dunia time trial itu naik podium di Etape 2 Volta Ciclista a Catalunya 2021, akhir Maret lalu.

Profil rute Etape 1 Tour de Romandie 2021

Setelah balapan time trial pendek di prologue, Etape 1 Tour de Romandie 2021 akan dibuka dari Aigle. Pembalap harus menaklukkan medan hilly untuk tiba di garis finis di Martigny. Toal jaraknya 168,1 kilometer. Setelah tiba di Fully, pembalap akan mengitari sirkuit selama tiga kali.

"Ini adalah hari yang luar biasa dan sempurna bagi kami. Besok lebih merupakan tahap sprint dan saya ingin mempertahankan jersey kuning ini selama mungkin. Ada banyak pekerjaan yang harus saya lakukan untuk Richie dan Geraint," bilang Dennis. (mainsepeda)

Hasil Prologue Tour de Romandie 2021 (Top Ten)
1. Rohan Dennis (Australia), Ineos Grenadiers 5 menit 26 detik
2. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +9
3. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +9
4. Rémi Cavagna (Prancis), Deceuninck-QuickStep +11
5. Stefan Bissegger (Swiss), EF Education-Nippo +11
6. Jan Tratnik (Slovenia), Bahrain Victorious +13
7. Jesus Herrada (Spanyol), Cofidis +14
8. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +15
9. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +15
10. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +15

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 41

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS