Alaphilippe Hat-trick Juara La Flèche Wallonne

Debut Primoz Roglic (Jumbo-Visma) di La Flèche Wallonne gagal berbuah gelar juara. Pembalap asal Slovenia itu hanya finis di posisi kedua setelah disalip Julian Alaphilippe (Deceuninck-Quickstep) di 50 meter menjelang finis di Mur de Huy.

Kemenangan ini adalah yang ketiga bagi sang juara dunia road 2020 itu. Sebelumnya, Alaphilippe menjuarai La Flèche Wallonne secara beruntun pada musim 2018 dan 2019.

La Flèche Wallonne adalah one day race sejauh 193,6 kilometer. Balapan dimulai di Charleroi dan finis di Mur de Huy. Titik finisnya adalah tanjakan sepanjang 1,3 kilometer dengan kemiringan mencapai 9,5 persen.

Keikutsertannya di La Flèche Wallonne tahun ini membuat Roglic menjadi salah satu unggulan. Apalagi rider 31 tahun itu tampil brilian di Paris-Nice dan Tour of the Basque Country 2021 yang baru berakhir awal April lalu.

Adalah Alaphilippe yang membuyarkan mimpi Roglic untuk jadi pemenang. Roglic sebenarnya memimpin sendirian di kilometer terakhir. Alaphilippe yang berada di rombongan kedua, berhasil memangkas jarak atas pemenang La Vuelta a Espana tersebut.

Puncaknya ketika pembalap asal Prancis ini menyalip Roglic di 50 meter menjelang finis. Runner up Tour de France 2020 itu tampak terlambat merespon. Dengan sisa-sisa napasnya, Roglic gagal menjadi pemenang dan dipaksa puas dengan peringkat kedua.

"Saya tahu ini tak akan muda karena ada Roglic dan (Alejandro) Valverde. Tapi saya berhasil mencapainya," kata Alaphilippe seusai lomba.

Meraih tiga kemenangan di La Flèche Wallonne 2021 membuat pembalap 28 tahun itu berbangga diri. Makin spesial karena Alaphilippe menjadi juara dengan mengenakan jersey pelangi.

Ini adalah kemenangan ketiganya sejak menjadi juara dunia road 2020. Sebelumnya, Alaphilippe memenangkan De Brabantse Pijl tahun lalu. Pada musim 2021, ia berhasil mengamankan podium di Etape 2 Tirreno-Adriatico pada awal Maret lalu.

Kegalalan di La Flèche Wallonne tak membuat Roglic kecewa. Ia akan melakukan balas dendam di Liège–Bastogne–Liège, akhir pekan ini. "Anda pasti ingin menang. Tapi saya senang dengan level saya. Saya akan kembali ke podium pada Minggu besok," tegas Roglic. (mainsepeda)

Hasil La Flèche Wallonne 2021 (Top Ten)
1. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep 4 jam 36 menit 25 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
3. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +6
4. Michael Woods (Kanada) Israel Start-up Nation +8
5. Warren Barguil (Prancis), Arkea-Samsic +11
6. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +11
7. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +11
8. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +11
9. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +11
10. Max Schachmann (Jerman) Bora-Hansgrohe +16

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 41

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: La Flèche Wallonne, Getty Images


COMMENTS