Roglic Menang Time Trial di Bilbao

Kali ini Primoz Roglic (Jumbo-Visma) tidak kalah di balapan time trial. Pembalap asal Slovenia itu finis pertama di Etape 1 Tour of the Basque Country 2021, Senin (5/4) malam. Rider 31 tahun itu mengungguli Brandon McNulty (UAE-Team Emirates) dan juniornya di Jumbo-Visma, Jonas Vingegaard.

Roglic memiliki kenangan kurang mengenakkan di balapan time trial. Ia kalah dari Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates) saat balapan time trial di Etape 20 Tour de France tahun lalu. Kekalahan tersebut membuat Roglic kehilangan gelar terbesar dalam kariernya.

Roglic juga tumbang di balapan time trial di Etape 3 Paris-Nice 2021, balapan pertamanya musim ini. Ia finis ketiga di belakang Remi Cavagna (Deceuninck-QuickStep) dan Stefan Bissegger. Rider tim EF Education-Nippo inilah yang menjadi pemenangnya.

Setelah dua kegagalan di Prancis, Roglic tak membuang kesempatan di Tour of the Basque Country. Ia menjadi yang tercepat di Etape 1. Roglic menyelesaikan balapan sejauh 13.89 kilometer di Bilbao dengan catatan waktu 17 menit 17 detik. Ia unggul dua detik atas McNulty dan 18 detik dari Vingegaard.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini dan dengan penampilan saya di balapan ini. Balapan time trial di sini selalu sulit. Rutenya merupakan tantangan yang menyenangkan, dengan campuran tanjakan, turunan, belokan cepat, dan dinding curam di ujungnya," bilang Roglic selepas balapan.

Menang di balapan time trial di Tour of the Basque Country 2021 mempertegas anggapan bahwa Roglic memang lebih hoki di Spanyol daripada Prancis. Tahun lalu, Roglic menang time trial di La Vuelta a Espana. Ia sekaligus menjadi juara overall di race terbesar di Negeri Matador itu.

"Kemenangan selalu menjadi momen indah dan istimewa. Ini adalah awal yang bagus bagi kami. Tapi, kami akan menghadapi minggu yang berat. Etape selanjutnya akan sangat sulit," tutur pemilik dua gelar juara di La Vuelta itu.

Jonas Vingegaard finis ketiga, 18 detik di belakang Roglic

Selain Roglic yang menjadi pemenang, tim Jumbo-Visma juga menempatkan dua pembalapnya finis lima besar di etape ini. Vingegaard finis ketiga dan Tobias Foss menduduki peringkat empat. Menempatkan tiga pembalap di sepuluh besar General Classification (GC) dianggap menguntungkan tim.

"Primoz adalah pemimpin kami minggu ini. Tapi mungkin akan menguntungkannya jika Jonas dan Tobias tetap dekat di klasemen overall," sebut Frans Maassen, Directeur Sportif Jumbo-Visma.

Tadej Pogacar finis kelima di Etape 1 Tour of the Basque Country 2021

Sementara itu, Tour of the Basque Country 2021 sekaligus menandai duel perdana Roglic kontra Pogacar musim ini. Sayang, Pogacar hanya finis kelima di Etape 1. Ia tertinggal 28 detik di balakang Roglic. "Secara umum saya puas dan sangat menantikan etape berikutnya," katanya. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour of the Basque Country 2021 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 17 menit 17 detik
2. Brandon McNulty (AmerikaSerikat), UAE Team Emirates +2
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +18
4. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +24
5. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +28
6. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +28
7. Patrick Bevin (Selandia Baru), Israel Start-up Nation +28
8. Ide Schelling (Belanda), Bora-Hansgrohe +29
9. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +30
10. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +31

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 38

Foto: Getty Images


COMMENTS