Kalahkan Van der Poel, Asgreen Juara Tour of Flanders
by - April 04, 2021
Kalahkan Van der Poel, Asgreen Juara Tour of Flanders
by MainSepeda - April 04, 2021

Kerja keras Kasper Asgreen (Deceuninck-QuickStep) membuahkan hasil sepadan. Juara nasional Denmark tersebut memenangkan Tour of Flanders 2021, Minggu (4/4) malam, setelah mengungguli Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix).

Kemenangan Asgreen sekaligus mematahkan semua prediksi. Seperti one-day race lainnya pada awal musim ini, duo Van der Poel dan Wout van Aert (Jumbo-Visma) selalu menjadi unggulan teratas. Kemudian ada nama juara dunia 2020 Julian Alaphilippe yang dianggap sebagai salah satu figur kuat di bawah dua jagoan utama.

Mathieu van der Poel (kiri) menjadi salah satu unggulan di Tour of Flanders 2021

Pola ini juga berlaku di Tour of Flanders 2021. Sebelum balapan ini dimulai, media sibuk mengulas kemungkinan persaingan Van der Poel dan Van Aert jilid dua di Flanders. Van der Poel adalah juara ajang ini musim lalu. Van Aert finis kedua dengan selisih sangat tipis. Saking tipisnya, photo finish menentukan siapa juaranya.

Asgreen yang sebenarnya tak masuk hitungan, justru menjadi pemenang balapan sepanjang 254,3 kilometer ini. Perjuangan pembalap 26 tahun tersebut terbilang tak mudah. Ia mengalami crash bersama lima pembalap lain sebelum nanjak di Oude Kwaremont, sekitar 67 kilometer sebelum finis.

Asgreen (kiri) memimpin lomba bersama Van Aert dan Van der Poel

Ia kembali ke peloton kemudian melakukan manuver bersama Van der Poel. Setelah serangkaian percobaan yang gagal, Asgreen menyerang lagi saat nanjak di Kruisberg/Hotond. Kali ini usahanya berhasil. Ia bersama Van der Poel dan Van Aert sukses membentuk kelompok kecil dan memimpin balapan sebelum Oude Kwaremont.

Asgreen ikut bergerak ketika Van der Poel menyerang di 17 kilometer menuju finis. Mereka meninggalkan Van Aert yang tersenggal-senggal di tanjakan Paterberg yang kemiringannya sampai 20 persen.

Kedua pembalap tersbeut beradu sprint di kilometer terakhir. Saat balapan tersisa 50 meter, Van der Poel tiba-tiba berhenti mengayuh. Asgreen akhirnya jadi yang pertama melintasi garis finis. Van der Poel di posisi kedua dan Greg van Avermaert (AG2R Citroën) finis ketiga.

"Saya merasa nyaman di kilometer terakhir," kata Asgreen seusai balapan. "Saya membiarkan Mathieu di depan sehingga saya bisa memutuskan kapan kami bisa melaju. Ini adalah balapan yang sangat sulit dan kami berdua sudah berada di batas masing-masing," jelasnya.

Mathieu van der Poel (kanan) memberi ucapan selamat kepada Kasper Asgreen seusai balapan

Van der Poel kecewa karena gagal mempertahankan gelar di Tour of Flanders tahun ini. Meski demikian, ia justru memuji sang rival. Menurut Van der Poel, Asgreen adalah pembalap yang kuat dan satu-satunya yang bisa menjawab serangannya. "Asgreen berani balapan dan saya suka itu," puji Van der Poel.

Sementara itu, Yevgeniy Fedorov (Astana-Premier Tech) dan Otto Vergaerde (Alpecin Fenix) didiskualifikasi karena berkelahi saat balapan. Sedangkan Michael Schär (AG2R Citroën) harus out setelah secara tak sengaja melempar bidon ke penggemar di luar zona sampah yang ditentukan. (mainsepeda)

Hasil Tour of Flanders 2021 (Top Ten)
1. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep 6 jam 2 menit 12 detik
2. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +0
3. Greg van Avermaert (Belgia), AG2R Citroën +32
4. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +33
5. Sep Vanmarcke (Belgia), Israer Start-up Nation +47
6. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +47
7. Gianni Vermeersch (Belgia), Alpecin-Fenix +47
8. Anthony Turgis (Prancis), Total Direct Énergie +47
9. Florian Sénéchal (Prancis), Deceuninck-QuickStep +47
10. Dyland van Daarle (Belanda), Ineos Grenadiers +47

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 38

Foto: @photonews, Bettini Photo, Getty Images


COMMENTS