Rio Akbar Sabet Emas di Balap BMX Asia 2018
by - May 28, 2018
Rio Akbar Sabet Emas di Balap BMX Asia 2018
by MainSepeda - May 28, 2018

Satu lagi anak bangsa berprestasi internasional. Rio Akbar (23) mencatatkan sejarah menjadi juara satu Asian BMX Championship 2018 di Chai Nat, Thailand, Minggu 27 Mei.

“Tracknya tidak susah, tidak besar tapi agak tricky dan sempit. Juga tanahnya gembur bikin speed tertahan dan mudah jatuh,” tukasnya.

Rio Akbar (31) saat berlaga di Asian BMX Championship 2018 di Chat Nai Thailand. 

Rio punya strategi khusus soal posisi start. “Saya memutuskan ambil gate posisi nomor satu bagian kiri dalam. Sayang, saat pintu start terbuka saya agak terlambat jadi sedikit tertinggal dari Tatsumi Matsusita, rider asal Jepang. Untungnya, di berm belokan pertama saya ambil dari dalam jadi bisa menyalip dia,” bangga pengguna sepeda Haro Carbon Citizen size pro.

Menurut Priyo Susanto, sang pelatih, Rio memang menunjukkan performa bagus sejak kualifikasi. Jadi memang sudah diharapkan untuk meraih emas.

Rio Akbar bangga mengharumkan nama Indonesia di lomba balap sepeda bertaraf internasional.

“Sayang, pembalap Indonesia lain, I Gusti Bagus Saputra yang berhasil masuk final belum bisa meraih podium. Sedangkan Tony Syarifudin sempat jatuh dua kali,” imbuhnya.

Tidak mudah untuk Rio menggapai emas, tiga pembalap Thailand yakni Sitthicok Kaewsrikhao, Nonthakon Inkhoksong dan Phitchayut Kongson harus ditaklukkannya. “Sitthicok yang akhirnya meraih juara 2,” tutur Priyo.

Juara Asian BMX Championship 2018 Thailand. (dari kiri) Sitthicok Kaewsrikhao (Thailand), Rio Akbar (Indonesia) dan Taichi Ikegami (Jepang).

Beruntung, sebelum tampil di Thailand, lajang kelahiran 16 Juni 1995 ini pernah mengikuti dua kejuaraan dunia, Belanda dan Belgia. Jadi fisik dan mental sudah siap, apalagi lajang asal Sumedang ini menjalani training camp di Prancis.

Budi Saputra, manager timnas sepeda Indonesia sangat bangga dengan prestasi Rio ini. “Perolehan emas ini menjadi motivasi buat tim balap sepeda Indonesia untuk menghadapi Asian Games Jakarta – Palembang,” tutupnya. (mainsepeda)

 

foto: istimewa


COMMENTS