Menang Sprint, Bennett Juara Brugge–De Panne 2021

Deceuninck-QuickStep mempertahankan statusnya sebagai penguasa Brugge–De Panne. Tahun lalu, mereka mengantarkan Yves Lampaert menjadi pemenang. Padahal balapan tahun ini giliran Sam Bennett yang naik podium. Ia menang sprint atas Jasper Philipsen (Alpecin–Fenix) dan Pascal Ackermann (Bora–Hansgrohe).

Brugge-De Panne musim ini menempuh rute "nornal", yakni 203,9 kilometer. Panjang rute ini sama dengan edisi 2019 dan 2018 lalu. Sementara pada balapan tahun lalu, Brugge-De Panne berlangsung di rute yang lebih pendek, yakni 188,6 kilometer.

Rute Brugge–De Panne 2021

Berangkat dari Brugge, peloton melaju sejauh 51 kilometer menuju pintu masuk sirkuit di Veurne. Kemudian mereka mengelilingi kawasan tersebut hingga tiga kali. Rutenya betul-betul flat. Tidak ada tanjakan sama sekali.

Setelah sejumlah aksi dan manuver sepanjang lomba, pembalap tergabung dalam satu grup besar menuju kilometer terakhir di De Panne. Bennett menunjukkan kapasitasnya di 350 meter menjelang finis. Kecepatan sprint-nya gagal diimbangi Philipsen dan Pascal Ackermann.

Kemenangan di Brugge–De Panne adalah yang kelima untuk pembalap 30 tahun tersebut, sekaligus menjadi kemenangan pertama di balapan one-day race pada musim ini. "Sangat penting untuk memenangkan race ini," kata Bennett seusai lomba.

"Berada di tim Belgia dengan sponsor dari Belgia, membuat kami ingin menang di kandang sendiri. Bagi saya secara pribadi, ini adalah kemenangan one-day race pertama di WorldTour.. Sesuatu yang telah saya kejar selama bertahun-tahun dan saya senang mendapatkannya di sini," imbuhnya.

Arnaud Démare (Groupama-FDJ) seharusnya bisa memberikan perlawanan untuk Bennett saat sprint di finis. Sayangnya pembalap Prancis tersebut mengalami masalah teknis saat sprint. Ia akhirnya menyelesaikan balapan di luar sepuluh besar.

Seperti biasa, Michael Morkov menjadi sosok yang membuka pintu bagi Bennett untuk melakukan sprint. Bennett tak langsung melaju setelah tikungan tajam di 800 meter terakhir. Ia menunggu beberapa saat kemudian memacu kakinya di 350 meter menuju finis.

"Saya bisa merasakan ada sedikit tekanan dari angin, jadi saya memutuskan untuk menunggu lebih lama dan kemudian pergi. Saya tidak fokus pada orang lain di sekitar saya. Saya hanya fokus melakukan sprint sendiri," kata Bennett.

Bennett tak akan kemana-mana hingga awal April. Ia akan bertahan di Belgia untuk mengikuti dua event lainnya, yakni Gent–Wevelgem (28 Maret) dan Scheldeprijs (7 April). (mainsepeda)

Hasil Brugge-De Panne 2021 (Top Ten)
1. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep 4 jam 27 menit 40 detik
2. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
3. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
4. Giacomo Nizzolo (Italia), Qhubeka Assos +0
5. Timothy Dupont (Belgia), Bingoal WB +0
6. Hugo Hofstetter (Prancis), Israel Start-up Nation +0
7. Cees Bol (Belanda), Team DSM +0
8. Michael Morkov (Denmark), Deceuninck-QuickStep +0
9. Elia Viviani (Italia), Cofidis +0
10 Stanislaw Aniolkowski (Polandia), Bingoal WB +0

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Foto: Getty Images, La Flamme Rouge


COMMENTS