Rohan Dennis Akhirnya Pecah Telur

Rohan Dennis menang lagi. Pembalap Australia memperoleh kemenangan perdananya sebagai rider tim Ineos Grenadiers di balapan time trial di Etape 2 Volta a Catalunya 2021, Selasa (24/3) malam.

Setelah tertimpa masalah pada 2019, yang membuatnya memutuskan pergi dari Bahrain Merida, Dennis menutup musim itu dengan menjadi juara dunia time trial. Kemudian ia membela Ineos Grenadiers pada tahun lalu

Sayang, Dennis sulit menggapai kemenangan bersama di tim baru. Ia telah tampil di lima balapan time trial tanpa pernah naik podium. Dennis justu kalah dari rekan setimnya, Filippo Ganna. Pembalap Italia ini berhasil menjadi juara dunia time trial 2020.

Dennis membuka musim 2021 dengan balapan di dua event di Prancis. Lagi-lagi belum hoki. Ia finis keenam di balapan time trial di Paris-Nice. Rentetan nasib buruk ini berakhir diakhiri di Spanyol. Ia menang lomba time trial di di Etape 2 Volta a Catalunya.

Volta a Catalunya 2021 menggelar balapan time trial di Banyoles. Panjang rutenya 18,5 kilometer. Banyoles merupakan salah satu lokasi yang digunakan untuk Olimpiade 1992.

Dennis berhasil melibasnya dengan catatan waktu 22 menit 27 detik. Ia unggul lima detik atas pembalap Prancis Rémi Cavagna (Deceuninck-QuickStep). Rekan se-tim Cavagna, Joao Almeida finis ketiga dengan selisih 28 detik. "Saya sangat lega. Sungguh menyenangkan bisa kembali ke puncak," katanya.

"Ini adalah kemenangan pertama saya dengan Ineos Grenadiers. Serta kemenangan pertama saya sejak Kejuaraan Dunia 2019 di Yorkshire. Satu tahun ini merupakan periode yang cukup sulit. Saya sering finis kedua atau ketiga, atau bahkan kadang-kadang keluar dari sepuluh besar," bilang pembalap 30 tahun itu.

Dennis mengucapkan terima kasih kepada tim yang selalu mendukung dan percaya dengan kemampuannya. Ia mengakui bahwa kemenangan ini tak diperolehnya dengan mudah. Sebab Dennis harus bersaing dengan pembalap-pembalap yang secara usia jauh lebih muda.

"Saya sering berlatih di jalan-jalan ini dan saya memiliki banyak teman di luar sana untuk mendukung saya. Senang rasanya bisa melakukannya di depan mereka," ucapnya.

Profil rute Etape 3 Volta a Catalunya 2021

Berikutnya, Etape 3 Volta a Catalunya akan membawa peloton melahap rute sejauh 203 kilometer. Mereka berangkat dari Canal Olimpic de Catalunya. Finisnya di Vallter 2000 yang memiliki elevasi 2.125 meter. Ini adalah tanjakan Hors catégorie (HC) sepanjang 11,4 kilometer dengan gradien rata-rata 7,5 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Volta a Catalunya 2021 (Top Ten)
1. Rohan Dennis (Australia), Ineos Grenadiers 22 menit 27 detik
2. Remi Cavagna (Prancis), Deceuninck-QuickStep +5
3. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +28
4. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +28
5. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +33
6. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +34
7. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +35
8. Josef Cerny (Ceko), Deceuninck-QuickStep +38
9. Stefan De Bod (Afrika Selatan), Astana-Premier Tech +38
10. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +47

General Classification usai 2 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep 4 jam 43 menit 26 detik
2. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +0
3. Leon Luis Sanchez (Spanyol), Astana-Premier Tech +3
4. Steven Kruijswijk (Belanda, Jumbo-Visma +5
5. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +6
6. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +7
7. Stefan de Bod (Afrika Selatan), Astana-Premier Tech +10
8. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +19
9. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck-QuickStep +20
10. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +21

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 36

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, La FlammeRouge


COMMENTS