JCC Ajak Cyclist Gowes di Jayapura

Setelah gowes 350 kilometer pada akhir tahun lalu, Jayapura Cycling Club (JCC) bikin sesuatu yang baru pada 2021 ini. Mereka gowes nanjak hingga elevasi 3.000 meter, tengah bulan lalu. Total jarak tempuhnya 100 kilometer.

Beragam event internal digeber JCC sepanjang tathun lalu. Komunitas terbesar di Jayapura ini bikin gowes 185 kilometer, 200 kilometer hingga 350 kilometer. Kemudian pada awal Januari lalu, mereka gowes bareng komunitas Animha Bike Merauke (ABM). Total jaraknya 300 kilometer.

Setelah beberapa kali menggelar acara yang mencari distance atau jarak, tercetus ide dari salah seorang anggot JCC, Taufan Purba untuk mencari sesuatu yang baru, yakni gowes mencari elevation gain. Gagasan itu disambut baik oleh seluruh anggota serta Ketua JCC, Sumardi.

Persiapan pun dilakukan. JCC membutuhkan waktu dua pekan untuk menentukan rute, menghitung jarak, waktu tempuh, dan elevasi. Kemudian mereka memantapkannya dengan tes rute. Setelah itu, keseluruhan hasilnya dirapatkan di internal komunitas.

"Akhirnya kita sepakat dengan bahwa challenge kali ini adalah gowes dengan elevation gain 3.000 meter. Kami lakukan di Kota Jayapura dengan jarak tempuh 100 kilometer," jelas Sumardi, Selasa (23/3) sore.

JCC Ladies

Gowes diselenggarakan pada medio Maret lalu. Total pesertanya 50 orang. Sepuluh di antaranya adalah JCC Ladies. Selain itu, JCC juga kedatangan tamu dari luar pulau. Gowes ini juga diikuti satu cyclist asal Bali bernama Awie Shiwi.

Mereka melaju dari dari Hamadi ke arah ring road menuju Skyline, Bukit Jokowi, Kolam Buaya, Kodam Baru, Paldam Kota, Pasir Dua dan kembali ke Hamadi. Rute ini mereka kelilingi hingga dua kali. Kemudian dilanjutkan dengan nge-loop di Angkasa-Lumba-lumba sebanyak lima kali.

Tantangan ini mereka selesaikan dalam sembilan jam. Start dari jam 06.00 WIT dan selesai pukul 15.00. Finisnya di Puncak Jayapura City. Mereka yang berhasil menyelesaikan tantangan ini mendapatkan medali finisher. Acara ditutup dengan makan bakso bersama.

Sumardi menjelaskan, JCC memang aktif menggelar event internal sepanjang pandemi Covid-19. Tujuannya untuk mereduksi rasa rindu akan gowes ke luar daerah. Seharusnya, jika tak terjadi pandemi, JCC sudah memiliki agenda segunung. Baik bikin event internal maupun ikut gowes di luar Papua.

"Maka dari itu, untuk mengobati rasa kangen, kami sering gowes bareng. Kami dari Jayapura Cycling Club selalu mencoba hal baru dengan beberapa challenge," terang cyclist kelahiran Ngawi itu.

Ketua JCC Sumardi (kiri) bersama cyclist asal Bali Awie Shiwi

Sumardi juga mengajak cyclist dari kota-kota lain di Indonesia untuk gowes ke Jayapura. "Bagi rekan-rekan dari luar Jayapura yang ingin mencoba gowes di kota kami, kami dari JCC siap untuk menemani gowes bareng," tuturnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 36

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Dokumentasi Jayapura Cycling Club


COMMENTS