Kron Ukir Kemenangan Perdana di WorldTour

Betapa girangnya Andreas Kron (Lotto Soudal) saat ini. Debutnya di stage race di WorldTour berbuah kemenangan perdana. Pembalap asal Denmark ini finis pertama di Etape 1 Volta a Catalunya 2021, Senin (22/3) malam. Kron menang sprint di Calella.

Kron sudah balapan sejak 2015, kala usianya 17 tahun. Kariernya berkembang di Riwal Readynez Cycling Team. Ia menghabiskan waktu empat tahun bersama ProTeam asal Denmark itu. Setelah kontraknya habis pada tahun lalu, Kron menerima pinangan tim WorldTour, Lotto Soudal.

Jadilah ia naik kasta ke kasta tertinggi balap sepeda profesional. Rider 22 tahun tersebut dikontrak dua tahun oleh tim yang terdaftar di Belgia ini. Kron membuka musim 2021 dengan tampil di dua one-day race, yakni Omloop Het Nieuwsblad dan Strade Bianche.

Kemudian ia menjadi bagian dari skuas Lotto Soudal yang turun di Volta a Catalunya 2021. Setelah gagal menang di dua event sebelumnya, dewi fortuna akhirnya berpihak ke Kron di Spanyol. Kron memenangkan Etape 1, Senin malam.

"Rasanya luar biasa. Ini stage race WorldTour pertama saya dan kemenangan pertama di WorldTour. Ini gila. Saya tidak bisa mengatakan apa-apa, itu luar biasa. Kami bekerja dengan fantastis sebagai tim di balapan ini," katanya seusai lomba.

Kron mendapatkan podium pertamanya di WorldTour setelah mengalahkan tiga nama, yakni Rémy Rochas (Cofidis), Luis León Sanchez (Astana-Premier Tech), dan Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe) dalam adu sprint di Calella. Kron melaju kencang di 150 meter terakhir.

Keempat pembalap ini mulai meninggalkan peloton di sisa 23 kilometer. Mereka sempat meninggalkan grup besar hingga gap 45 detik. Meski peloton berhasil memangkas selisih itu, mereka tetap gagal menangkap kuartet pembalap ini.

"Kami memiliki Sylvain (Moniquet.red) saat breakaway, dan ia memuncaki mountain classification. Kemudian saya datang dan memenangkan sprint. Jadi ini sungguh luar biasa," ucapnya.

Selanjutnya, Volta a Catalunya menggelar balapan time trial di Banyoles. Panjang lintasannya 18,5 kilometer. Banyoles merupakan salah satu lokasi yang digunakan untuk Olimpiade 1992. Rohan Dennis (Ineos Grenadiers) diyakini akan unjuk gigi di sini. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Volta a Catalunya 2021 (Top Ten)
1. Andreas Kron (Denmark), Lotto Soudal 4 jam 20 menit 15 detik
2. Luis León Sanchez (Spanyol), Astana-Premier Tech +0
3. Rémy Rochas (Prancis), Cofidis +0
4. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
5. Dion Smith (Selandia Baru), Team BikeExchange +16
6. Matej Mohoric (Selovenia), Bahrain Victorious +16
7. Ide Schelling (Belanda), Bora-Hansgrohe +16
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +16
9. Alexander Kamp (Denmark), Trek-Segafredo +16
10. Michael Valgren (Denmark), EF Education-Nippo +16

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 36

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS