Wurtz Schmidt Menang, Pogacar Aman di Puncaki GC

Mads Wurtz Schmidt (Israel Start-Up Nation) mengunci kemenangan di Etape 6 balapan Tirreno-Adriatico 2021, Senin (15/3) malam. Pembalap asal Denmark tersebut finis pertama setelah menang sprint lawan Brent Van Moer (Lotto Soudal) dan Simone Velasco (Gazprom-RusVelo).

Dalam balapan sepanjang 169 kilometer ini, enam pembalap melarikan diri sejak 35 kilometer dari start. Keenam orang itu adalah Nelson Oliveira (Movistar), Jan Bakelants (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux), Emils Liepins (Trek-Segafredo), Wurtz Schmidt, Van Moer, dan Velasco.

Keenam pembalap ini dibiarkan memimpin di depan hingga garis finis. Setelah Liepins mengendur, lima rider sisanya beradu cepat di kilometer terakhir. Würtz Schmidt yang mengenakan jersey hijau, berhasil mengungguli Van Moer dan Velasco.

"Pertama, saya mencoba dengan dua orang lainnya dan itu tidak berhasil. Saya meloloskan diri untuk kali kedua dengan grup ini dan kami bekerja sama dengan sangat baik. Kemudian kami tahu harus bersaing di lap terakhir. Jadi kami tancap gas dari sana," terang Wurtz Schmidt.

Ini adalah kemenangan perdana untuk sprinter 26 tahun tersebut di balapan WorldTour. Sekaligus yang victory kedua ISN musim ini. Sebelumnya, Michael Woods mempersembahkan kemenangan di Etape 2 Tour des Alpes Maritimes et du Var, Februari lalu.

"Ini adalah kemenangan terbesar dalam karier saya. Saya telah berjuang untuk kemenangan ini selama lima tahun terakhir sejak saya menjadi pembalap profesional. Akhirnya saya memenangkan balapan WorldTour. Ini sangat melegakan," imbuh Wurtz Schmidt.

Meski finis di posisi ke-25 di Etape 6, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih kokoh di puncak General Classification (GC). Wout van Aert (Jumbo-Visma) membuntutinya di posisi kedua dengan selisih lebih dari satu menit. Mikel Landa (Bahrain Victorious) di posisi ketiga dengan selisih tiga menit.

Tirreno-Adriatico 2021 akan mencapai puncaknya, Selasa (16/3) malam. Etape 7 menghadirkan balapan time trial di San Benedetto del Tronto. Jaraknya cuma 10,1 kilometer. Tahapan ini akan menjadi penentu nasib Pogacar sebagai kandidat terkuat juara overall di ajang ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tirreno-Adriatico 2021 (Top Ten)
1. Mads Wurtz Schmidt (Denmark), Israel Start-up Nation 3 jam 42 menit 9 detik
2. Brent Van Moer (Belgia), Lotto Soudal +0
3. Simone Velasco (Italia), Gazprom-RusVelo +0
4. Jan Bakelants (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
5. Nelson Oliveira (Portugal), Movistar +0
6. Emils Liepins (Latvia), Trek-Segafredo +25
7. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix +1:09
8. Davide Ballerini (Italia), Deceuninck-QuickStep +1:09
9. Elia Viviani (Italia), Cofidis +1:09
10. Max Kanter (Jerman), Team DSM +1:09

General Classification usai 6 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 26 jam 24 menit 59 detik
2. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +1:15
3. Mikel Landa (Spanyol) Bahrain Victorious +3:00
4. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +3:30
5. Matteo Fabbro (Italia), Bora-Hansgrohe +3:54
6. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +4:30
7. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +4:42
8. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +5:03
9. Vincenzo Nibali (Italia), Trek-Segafredo +5:54
10. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +6:58

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 35

Foto: Getty Images


COMMENTS