Primoz Roglic di Ambang Juara Overall

Primoz Roglic membuyarkan mimpi Gino Mader (Bahrain Victorious) untuk membuat kejutan di Etape 7 Paris-Nice 2021. Roglic menghabisi Mader di sepuluh meter menjelang finis di La Colmiane, Sabtu (13/3) malam. Kemenangan ini membuatnya makin dekat dengan gelar juara overall.

Etape 7 adalah yang terberat di Paris-Nice 2021. Meski jaraknya hanya 119,2 kilometer, pembalap harus melahap tiga tanjakan Kategori 2 di 50 kilometer pertama. Kemudian mereka nanjak sejauh 16,2 kilometer untuk mencapai garis akhir di Valdeblore La Colmiane.

Gino Mader sebenarnya berjarak sangat dekat dengan kemenangan pertamanya dalam 867 hari. Bersama Neilson Powless (EF Education-Nippo), Kenny Elissonde (Trek-Segafredo), dan sepuluh pembalap lainnya, Mader memimpin sejak 15 kilometer pertama.

Satu per satu pembalap di rombongan breakaway rontok di tengah jalan. Tersisa tiga nama, Mader, Powless, dan Elissonde di sepuluh kilometer terakhir. Mereka tampil solid di tanjakan dengan gradien rata-rata 6,2 persen itu.

Mader masih berdiri tegak walau Powless dan Elissonde tertangkap kelompok pengejar di tiga kilometer menuju finis. Pembalap asal Swiss tersebut berusaha keras untuk mempertahankan posisinya ketika Roglic dan Max Schachmann (Bora-Hansgrohe) menyerang di kilometer pamungkas.

Hanya saja, Roglic memang terlalu tangguh untuk ditaklukkan. Juara La Vuelta a Espana 2020 itu mencuri kemenangan Mader di sepuluh meter terakhir. Pembalap 24 tahun ini dipaksa puas dengan finis kedua di Etape 7. Sementara tempat ketiga diisi Schachmann.

"Pada akhirnya saya memiliki kesempatan untuk memenangkan etape ini, dan saya mengambilnya. Race ini yang sangat ketat. Beruntung saya berhasil menjadi yang pertama melewati garis finis," kata Roglic seusai balapan.

Selain menjadi kemenangan ketiganya di Paris-Nice, hasil Etape 7 membuat pembalap Slovenia itu kian dekat dengan gelar juara overall. Roglic berjarak 52 detik atas Schachmann yang membuntutinya di posisi kedua. Aleksandr Vlasov naik ke posisi tiga menggusur rekannya di Astana-Premier Tech, Ion Izagirre.

Roglic hanya perlu mempertahankan kedudukannya di etape pamungkas, Minggu (14/3) besok. Etape 8 ini menempuh jarak terpendek, hanya 92,7 kilometer. Balapan dimulai di Le Plan-du-Var dan finis di Levens. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Paris-Nice 2021 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 3 jam 9 menit 18 detik
2. Gino Mader (Swiss), Bahrain Victorius +2
3. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +5
4. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +8
5. Aleksandr Vlasov (Russia), Astana-Premier Tech +10
6. Tiesj Benoot (Belgia), Team DSM +10
7. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +15
8. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +15
9. Harm Vanhoucke (Belgia), Lotto Soudal +22
10. Jai Hindley (Australia), Team DSM +27

General Classification usai 7 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 26 jam 32 menit 01 detik
2. Maximilian Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +52
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +1:11
4. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +1:15
5. Tiesj Benoot (Belgia), Team DSM +1:34
6. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +1:34
7. Guillaume Martin (Prancis), Cofidos +2:06
8. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +2:07
9. Jack Haig (Australia), Bahrain-Victorius +2:10
10. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +2:21

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 35

Foto: Getty Images


COMMENTS