Van der Poel Kalahkan Van Aert di Gualdo Tadino

Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) bersedekap, lalu mengepalkan tangan, dan meninju udara setelah mencapai Gualdo Tadino. Pembalap Belanda ini memenangkan Etape 3 Tirreno-Adriatico 2021, Jumat (12/3) malam. Kini ia menempel ketat Wout van Aert (Jumbo-Visma) di General Classification (GC).

Etape 3 menempuh rute sepanjang 219 kilometer. Balapan dimulai dari Monticiano dan finis uphill sprint di Gualdo Tadino. Medannya cenderung rolling dengan Poggio della Croce sebagai tantangan yang harus ditaklukkan. Ini adalah tanjakan dengan gradien 7,5 persen sepanjang 4,4 kilometer.

Niki Terpstra (Total Direct Energie)

Balapan dibuka dengan lima pembalap yang melarikan diri dari peloton. Salah satunya Niki Terpstra (Total Direct Energie). Caleb Ewan (Lotto Soudal) memutuskan berhenti dari perlombaan di sisa 82 kilometer. Rider Australia ini mundur karena gangguan pencernaan.

Setelah seluruh pembalap breakaway tertangkap peloton, tim-tim mulai mengatur kereta cepatnta di sisa lima kilometer. Zdenek Stybar maju ke depan untuk membuka jalan bagi rekan setimnya di Deceuninck-QuickStep, Julian Alaphilippe. Tapi sang juara dunia 2020 itu justru melambat.

Setelah tikungan terakhir, Van der Poel beradu cepat satu lawan satu dengan Van Aert. Kali ini pembalap Belanda itu sukses memenangkannya. "Saya sangat senang. Kemenangan ini untuk menebus kesalahan yang saya perbuat di etape sebelumnya," ucap Van der Poel.
Van der Poel lagi-lagi bersaing ketat dengan Van Aert. Rivalitas ini sudah dimulai sejak akhir 2020 di arena cyclocross. Setelah mengalahkan Van Aert di Kejuaraan Dunia Cyclocross, Van der Poel kembali melibas pesaingnya itu di Strade Bianche.

Van Aert menang brilian di Etape 1. Van der Poel membalasnya dengan memenangkan Etape 3 Tirreno-Adriatico 2021. "Saya sangat ingin memenangi satu etape di sini. Terima kasih kepada tim atas pekerjaan yang luar biasa di etape ini.

Kemenangan Van der Poel memang belum menggeser Van Aert dari puncak GC. Akan tetapi, juara dunia cyclocross itu menipiskan jarak dari Van Aert menjadi empat detik. Alaphilippe membuntuti di peringkat ketiga dengan gap sepuluh detik.

"Saya cukup puas di posisi kedua untuk mengambil bonus waktu. Tim saya menghebat energi sebagai persiapan menuju etape berikutnya di Tirreno-Adriatico. Saya ingin melihat seberapa jauh kemampuan saya menaklukkan tanjakan," ucap Van Aert.

Profil rute Etape 4 di Tirreno-Adriatico 2021

Etape 4 adalah yang terberat di Tirreno-Adriatico tahun ini. Jaraknya cuma 148 kilometer. Balapan dimulai dari Terni dan finis di Prati di Tivo. Pembalap ditantang untuk menaklukkan dua tanjakan Hors catégorie (HC) di Passo Capannelle dan Prati di Tivo.

Passo Capannelle adalah tanjakan bergradien 4,5 persen dengan panjang 13,8 kilometer. Sedangkan Prati di Tivo memiliki panjang 14,7 persen dengan gradien rata-rata 7 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tirreno-Adriatico 2021 (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 5 jam 24 menit 18 detik
2. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
3. Davide Ballerini (Italia), Deceuninck-QuickStep +0
4. Sergio Higuita (Kolombia), EF Education-Nippo +0
5. Greg Van Avermaet (Belgia), AG2R Citroën Team +0
6. Jasper De Buyst (Belgia), Lotto Soudal +0
7. Ivan Garcia Cortina (Spanyol), Movistar +0
8. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +0
9. Gonzalo Serrano (Spanyol), Movistar +0
10. Hugo Hofstetter (Prancis), Israel Start-up Nation +0

General Classification usai 3 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 14 jam 1 menit 47 detik
2. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +4
3. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +10
4. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain-Victorious +19
5. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +20
6. Robert Stannard (Australia), Team BikeExchange +20
7. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +20
8. Sergio Higuita (Kolombia), EF Education-Nippo +20
9. Jasper De Buyst (Belgia), Lotto Soudal +20
10. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +20

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 35

Foto: Getty Images


COMMENTS