Roglic Menang dan Pertahankan Jersey Kuning

Serangan di 100 meter terakhir membawa Primoz Roglic (Jumbo-Visma) memenangkan Etape 6 Paris-Nice 2021. Ini adalah kemenangan keduanya di ajang ini. Namanya makin tak tergoyahkan di puncak klasemen General Glassifiation (GC).

Balapan sepanjang 202,4 kilometer itu akan dimulai di Brignoles dan finis di Biot. Etape membawa peloton melalui wilayah Alpes Maritimes. Terdapat lima tanjakan yang akan menjadi santapan empuk pada climber. Terberat adalah tanjakan Kategori 1 di Cote de Cabris, sekitar 100 kilometer menjelang finis.

Remi Cavagna (Deceuninck-QuickStep) dan Matteo Trentin (UAE Team Emirates) melakukan breakaway di sepuluh kilometer pertama. Setelah mereka tertangkap peloton, giliran enam pembalap lain yang melarikan diri. Salah satunya Alexey Lutsenko (Astana-Premier Tech).

Nasib malang menimpa Brandon McNulty (UAE Team Emirates). Rider Amerika Serikat ini mengalami crash di sisa 103 kilometer dan out dari lomba. Sebelum kecelakaan ini, McNulty menempati posisi ketiga di GC.

Grup terdepan menyusut menjadi empat orang setelah Anthony Perez (Cofidis) dan Julien El Fares (EF Education-Nippo) tertangkap peloton di 60 kilometer tersisa. Peloton baru menyatu lagi di kilometer terakhir.

Roglic bermain sabar sekaligus memastikan posisinya tetap di baris terdepan. Setelah berbagai akselerasi oleh pembalap Deceuninck-QuickStep dan Cofidis, Roglic akhirnya melaju di 100 meter pamungkas.

Pembalap 31 tahun ini tak terkejar. Bahkan oleh dua pesaing terdekatnya, Christophe Laporte (Cofidis) dan Michael Matthews (Team BikeExchange). Roglic finis pertama di Biot, sekaligus mencatat victory kedua di Paris-Nice 2021.

"Sangat menyenangkan bisa menang seperti ini. Ini adalah sesuatu yang baru lagi dan saya sangat-sangat senang melakukannya. Balapan ini sangat sulit sejak awal. Itulah mengapa saya bahagia setelah memenangkannya," kata Roglic seusai lomba.

Kemenangan Roglic membuat jawaran La Vuelta a Espana itu kian tak tersentuh di klasemen GC. Kini ia unggul 41 detik atas Maximilian Schachmann (Bora-Hansgrohe), serta terpaut 50 detik dari Ion Izagirre (Astana-Premier Tech).

Profil rute Etape 7 Paris-Nice 2021

Selanjutnya, Etape 7 akan menjadi yang terberat di Paris-Nice 2021. Jaraknya pendek, cuma 119,2 kilometer. Pembalap akan dihajar tiga tanjakan Kategori 2 di 50 kilometer pertama. Setelah intermediate sprint di Tournefort, mereka akan nanjak ke puncak Valdeblore La Colmiane.

La Colmiane merupakan santapan utama di Paris-Nice tahun ini. Ini adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 16,3 kilometer dengan gradien rata-rata 6,2 persen. Melihat performanya di tanjakan, Roglic menjadi kandidat terkuat memenangkan tahapan ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Paris-Nice 2021 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 40 menit 22 detik
2. Christophe Laporte (Prancis), Cofidis +0
3. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
4. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +0
5. Aurélien Paret Peintre (Prancis), AG2R Citroën +0
6. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +0
7. Bryan Coquard (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +0
8. Quentin Pacher (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +0
9. Sergio Henao (Kolombia), Qhubeka Assos +0
10. Krists Neilands (Latvia), Israel Start-up Nation +0

General Classification usai 6 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 23 jam 22 menit 53 detik
2. Maximilian Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +41
3. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +50
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +51
5. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +1:08
6. Tiesj Benoot (Belgia), Team DSM +1:14
7. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +1:16
8. Luis Leon Sanchez (Spanyol), Astana-Premier Tech +1:21
9. Pierre Latour (Prancis), Total Direct Energie +1:21
10. Aurélien Paret-Peintre (Prancis), AG2R Citroën +1:23

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 35

Foto: Getty Images


COMMENTS