Van Aert Melengkapi Pesta Jumbo-Visma

Betapa senangnya tim Jumbo-Visma saat ini. Berselang lima menit setelah kemenangan Primoz Roglic di Etape 4 Paris-Nice 2021, Wout van Aert juga naik podium di Etape 1 Tirreno-Adriatico 2021, Rabu (10/3) malam. Ini adalah kemenangan pertama untuk Van Aert musim ini.

Pembalap Belgia itu mengalahkan beberapa sprinter murni untuk memenangkan etape pembuka Tirreno-Adriatico 2021. Ia melintasi garis finis di depan Caleb Ewan (Lotto Soudal) dan Fernando Gaviria (UAE Team Emirates).

"Saya tidak menyangka bisa memenangi balapan secepat itu. Terutama karena itu sprint yang cukup mudah," kata Van Aert selepas balapan.

Empat hari sebelumnya, Van Aert sudah memanaskan mesin di Strade Bianche. Sebagai pemenang edisi 2020, ia menyandang status unggulan di ajang ini. Sayang pembalap 26 tahun ini gagal mempertahankan mahkotanya dengan finis keempat di Strade Bianche 2021.

"Saya sudah mengambil langkah maju sejak Strade Bianche. Kemenangan di Tirreno-Adriatico ini adalah awal yang baik," sebut pemenang Milan-San Remo 2020 ini.

Etape pembuka Tirreno-Adriatico 2021 mengambil start dan finis di Lido di Camaiore. Panjang rutenya 156 kilometer. Balapan dibuka dengan rute perbukitan yang dimulai dan diakhiri di tepi Pantai Lido di Camaiore. Rute tersebut terdiri dari tiga putaran sirkuit sepanjang 24 kilometer.

Pembalap harus harus tiga kali nanjak di Monte Pitoro. Kemudian balapan diakhiri dengan tiga putaran di lintasan yang lebih datar dari sirkuit sepanjang 29 km di sekitar Camaiore.

Van Aert ditempatkan pada posisi untuk menang oleh rekan satu timnya di Jumbo-Visma di kilometer terakhir. Ia membuntuti tiga pembalap UAE Team Emirates yang dipimpin Gaviria. Van Aert baru bermanuver di 200 meter terakhir. Ia melaju sangat kencang tanpa mampu disalip rival-rivalnya.

"Lintasan terakhir sangat panjang. Jadi hari kemenangan ini tentang pemilihan waktu yang tepat. Ketika berada di 200 meter terakhir, atau mungkin sedikit sebelumnya, saya bergegas meluncurkan sprint saya. Melaju secepat mungkin dan mempertahankannya hingga finis," jabar Van Aert.
Selanjutnya, Etape 2 Tirreno-Adriatico 2021 akan dimulai dari Camaiore dan finis di Chiusdino. Panjang rutenya 202 kilometer. Pembalap akan dibawa menanjak ke Poggio alla Croce sepanjang 3,5 kilometer dengan gradien 7 persen. Finisnya di puncak Chiusdino. Ini adalah tanjakan sepanjang 7,5 kilometer bergradien 3,5 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tirreno-Adriatico 2021 (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 3 jam 36 menit 17 detik
2. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal +0
3. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
4. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroën +0
5. Luka Mezgec (Slovenia), Team BikeExchange +0
6. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix +0
7. Alvaro Hodeg Chagui (Kolombia), Deceuninck-QuickStep +0
8. Davide Ballerini (Italia), Deceuninck-QuickStep +0
9. Ivan Garcia Cortina (Spanyol), Movistar +0
10. Hugo Hofstetter (Prancis), Israel Start-up Nation +0

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 35

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS