Roglic Menang dan Menguasai Jersey Kuning

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) nyaris tak tersentuh saat menyerang sendirian di tiga kilometer menuju garis finis di Etape 4 balapan Paris-Nice 2021. Ia menjadi yang pertama yang mencapai Chiroubles, Rabu (10/3) malam. Kemenangan di Etape 4 ini membuat Roglic naik ke puncak General Classification (GC).

Setelah tenggelam di dua tahapan pembuka, pembalap 31 tahun ini baru menampakkan tajinya di balapan time trial di Etape 3, Selasa (9/2) kemarin. Ia finis ketiga di belakang Stefan Bissegger (EF Education-Nippo) dan Rémi Cavagna (Deceuninck-QuickStep).

Juara La Vuelta a Espana 2020 ini makin menjadi di Etape 4. Balapan sepanjang 187,6 kilometer ini dimulai dari Chalon-sur-Saône dan finis di puncak Chiroubles. Chiroubles adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 7,3 kilometer dengan gradien 6 persen.

Primoz Roglic tak terkejar hingga memasuki garis finis di Chiroubles

Roglic baru bermanuver tepat di tiga kilometer terakhir. Tak berselang lama, ia berhasil menyalip Luis León Sánchez (Astana-Premier Tech). Setelah itu juara nasional Slovenia ini praktis tak terkejar.

Roglic tak tersentuh hingga mencapai garis finis di puncak Chiroubles. Ia unggul 12 detik atas Maximilian Schachmann (Bora-Hansgrohe) dan Guillaume Martin (Cofidis) yang finis kedua dan ketiga di etape ini.

"Saya senang dengan hasilnya. Kemarin adalah hari yang menyenangkan. Saya menunjukkan pada diri sendiri bahwa saya dalam kondisi yang baik. Ini adalah balapan yang sulit. Saya senang bisa memenangkannya," ucap Roglic seusai balapan seperti yang dilansir Velonews.

Roglic happy karena ini adalah kemenangan pertamanya musim ini. Paris-Nice adalah balapan pertamanya di 2021. Ia makin girang karena sohibnya di Jumbo-Visma, Wout van Aert memenangkan Etape 1 Tirreno-Adriatico 2021.

"Saya sangat senang kami memiliki dua kemenangan untuk tim kami pada hari yang sama," aku mantan atlet ski jumping itu.

Kemenangan di Etape 4 membuatnya naik ke puncak GC dan berhak mengenakan jersey kuning. Ia unggul 35 detik atas Schachmann yang berada di peringkat kedua. Roglic ingin mempertahankan kedudukannya hingga akhir pekan nanti.

"Tujuannya adalah mempertahankan jersey kuning hingga Nice. Kami pantas mendapatkannya karena kami memiliki tim yang kuat," tegas runner up Tour de France 2020 itu.

Setelah dihajar etape tanjakan menuju Chiroubles, Paris-Nice 2021 akan dilanjut dengan balapan sejauh 200,2 kilometer dari Vienne ke Bollene. Mayoritas medannya adalah flat. Hanya ada satu tanjakan Kategori 3 di Cote de Saint-Restitut, 34 kilometer menjelang finis. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Paris-Nice 2021 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 49 menit 36 detik
2. Maximilian Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +12
3. Guillaume Martin (Francis), Cofidis +12
4. Tiesj Benoot (Belgia), Team DSM +12
5. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +12
6. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +12
7. David Gaudu (Francis), Groupama-FDJ +16
8. Quentin Pacher (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +16
9. Pierre Latour (Prancis), Total Direct Energie +16
10. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +16

General Classification usai 4 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 13 jam 26 menit 40 detik
2. Maximilian Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +35
3. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +37
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +41
5. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +43
6. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +58
7. Tiesj Benoot (Belgia), Team DSM +1:05
8. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +1:09
9. Luis Leon Sanchez (Spanyol), Astana-Premier Tech +1:11
10. Pierre Latour (Prancis), Total Direct Energie +1:12

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 35

Foto: Getty Images


COMMENTS