UAE Tour 2021 - Etape 6
Menang Sprint Lagi, Bennett Targetkan Happy Ending
by - February 26, 2021

Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep) mengklaim kemenangan keduanya di UEA Tour 2021. Pembalap Irlandia itu menang sprint di Palm Jumeirah Jumat (26/2) malam. Sementara itu, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih bertahan di puncak klasemen General Classification (GC).

Setelah menanjak di Jebel Jais di Etape 5, UAE Tour 2021 kembali menyuguhkan rute flat. Kali ini para pembalap start dari Deira Island dan finis di Palm Jumeirah. Panjang rutenya 165 kilometer. Terdapat dua spot intermediate sprint di Springs Village dan Al Quadra Cycle Track.

Seperti kemenangannya dua hari lalu, Bennett memperoleh keuntungan dari kerja keras rekan setimnya Michael Morkov. Pembalap asal Denmark inilah yang mengawal Bennett hingga 150 meter terakhir. Selepas itu, dari celah sempit di sisi kanan, Bennett melaju kencang hingga finis pertama di Etape 6.

"Rasanya luar biasa. Sekali lagi, saya tidak akan bisa melakukannya tanpa bantuan dari rekan satu tim," kata Bennett seusai lomba seperti yang dilansir Cyclingnews.

Elia Viviani (Cofidis) yang kehilangan tim pendukungnya, Fabio Sabatini karena kecelakaan, sukses finis kedua. Sementara pembalap Jerman Pascal Ackermann mengamankan tempat ketiga untuk tim Bora-Hansgrohe.

"Saya pikir makin banyak sprint membuat kami makin baik. Serta membuatnya menjadi kebiasaan. Ini hanya tentang mengulangi hal yang sama dan membuat keputusan di detik akhir. Kami benar-benar saling mengenal dan kami cukup banyak saling mengalahkan pada saat itu," imbuh Bennett.
Hasil di Etape 6 melambungkan Bennett sebagai pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di UAE Tour tahun ini. Sebelumnya, peraih green jersey di Tour de France 2020 itu berhasil naik podium setelah menang sprint di Al Marjan Island di Etape 4.

Dua kemenangan ini tak membuatnya puas. Bennett ingin menutup UAE Tour 2021 dengan kemenangan di etape pamungkas. Seperti halnya balapan hari ini, Etape 7 nanti juga menyajikan rute flat sepanjang 147 kilometer. Start-nya dari Yas Mall dan finis di Abu Dhabi Breakwater.

"Saya benar-benar menginginkan kemenangan di Etape 7. Kami pasti akan melakukannya lagi. Selalu sulit, tapi kami akan mencoba lagi," tegas mantan pembalap tim Bora-Hansgrohe itu.
Sementara itu, Pogacar menyelesaikan balapan dengan aman dengan finis ke-24. Hasil di Etape 6 ini membuat rider asal Slovenia itu tetap berada di puncak GC. Hanya saja ia mendapatkan hukuman pengurangan waktu 10 detik karena didorong oleh rekan setimnya Jan Polanc beberapa saat sebelum sprint finis.

Kini ia terpaut 35 detik atas Adam Yates. Pogacar hanya perlu mempertahankan keunggulannya dari pembalap Ineos Grenadiers itu di Etape 7 untuk mengamankan gelar juara UAE Tour 2021.

"Masih ada satu hari lagi. Kami harus mempersiapkan segalanya dan harus konsentrasi. Kami tidak boleh gugup. Sebab akan berakibat buruk jika kami tidak relaks. Kami percaya satu sama lain di tim dan kami fokus ke tujuan kami," ucap juara Tour de France 2020 itu. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 UAE Tour 2021 (Top Ten)
1. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep 3 jam 32 menit 23 detik
2. Elia Viviani (Italia), Cofidis +0
3. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
4. David Dekker (Belanda), Jumbo-Visma +0
5. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
6. Giacomo Nizzolo (Italia), Qhubeka-Assos +0
7. Tim Kaden Groves (Australia), BikeExchange +0
8. Andre Greipel (Jerman), Israel Start-Up Nation +0
9. Cees Bol (Belanda), Team DSM +0
10. Michael Morkov (Denmark), Deceuninck-QuickStep +0

General Classification usai 6 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 20 jam 41 menit 59 detik
2. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +35 detik
3. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:12
4. Chris Harper (Australia), Jumbo-Visma +1:54
5. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +1:56
6. Mattias Jensen (Denmark), Trek-Segafredo +2:47
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +2:49
8. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +4:03
9. Ruben Fernandez (Spanyol), Cofidis +4:23
10. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck-QuickStep +6:40

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 33

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, La FlammeRouge


COMMENTS