UAE Tour 2021 - Etape 4
Sam Bennett Rebut Kemenangan ke-50
by - February 24, 2021
UAE Tour 2021 - Etape 4
Sam Bennett Rebut Kemenangan ke-50
by MainSepeda - February 24, 2021

Dengan rute flat sepanjang 204 kilometer, Etape 4 UAE Tour 2021 menjadi santapan empuk untuk para spinter. Benar saja, balapan yang berlangsung di Al Marjan Island pada Rabu (24/2) malam itu dimenangkan pelari cepat milik tim Deceuninck-Quickstep, Sam Bennett. Pembalap asal Irlandia ini merupakan peraih green jersey di Tour de France 2020.

UAE Tour adalah balapan pertama Bennet musim ini. Setelah beragam kesuksesan yang didapatkannya musim lalu, Bennett diharapkan mampu mengulangi kisah serupa tahun ini. Bersama Joao Almeida, Bennett diharapkan dapat memberi kemenangan etape untuk Deceuninck-QuickStep. Target itu akhirnya terwujud Rabu malam saat ia memenangkan Etape 4.

"Sangat menyenangkan bisa menang lagi. Saya telah menunggu selama beberapa hari untuk meraih kemenangan ini," ungkap mantan pembalap Bora-Hansgrohe itu seperti yang dilansir Velonews.

Sam Bennett (Deceuninck-Quickstep) berhasil mendapatkan podium pertamanya musim ini

"Saya sangat gugup sebelum melakukan sprint kelompok pertama musim ini. Yang harus saya lakukan hanya mengikuti orang-orang itu dan menyelesaikannya. Ini adalah kemenangan ke-50 dalam karier saya. Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan saya karena telah melakukan pekerjaan dengan baik," imbuh pria 30 tahun itu.

Kemenangan ini tak diraihnya dengan mudah. Meski rutenya 100 persen datar, para pembalap harus bersiasat untuk menghindari crosswinds. Setelah lebih dari separuh perjalanan, rombongan mulai terpecah di 85 kilometer menjelang finis. Dua pembalap, Olivier Le Gac (Groupama-FDJ) dan François Bidard (Ag2r-Citroën), melepaskan diri dari peleton.
Cukup lama Le Gac dan Bidard memimpin di depan. Dua rider asal Prancis tersebut baru tertangkap peleton di 30 kilometer menjelang finis. Tim-tim mulai meningkatkan kecepatan pelotonnya di sepuluh kilometer menuju finis. Kemudian mereka mulai menata kereta cepatnya di kilometer terakhir. Pascal Ackermann (Bora-Hansgrohe) membuka sprint pertama. Namun aksinya memudar sebelum menyentuh garis akhir.

Bennett yang melaju kencang dari sisi kiri, mencoba untuk menyibak gerombolan sprinter seperti David Dekker (Jumbo-Visma), Caleb Ewan (Lotto Soudal), Elia Viviani (Cofidis), dan Matteo Moschetti (Trek-Segafredo). Usahanya membuahkan hasil maksimal. Bennett sukses memenangkan Etape 4 ini.

"Saya bisa melihat mereka mengarah ke kanan. Sebab sisi kanan adalah jalur terpendek. Akan tetapi, saya tidak bisa mengambil risiko dengan pindah jalur dan menginjak rem. Jadi saya tetap mengambil jalan terpanjang di sisi kiri. Untungnya saya cukup cepat untuk menuntaskannya dengan kemenangan," urainya seperti yang dilansir Cyclingnews.
                           Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) tetap kokoh di puncak General Classification

Sementara itu, hasil Etape 4 tidak banyak berpengaruh ke posisi pembalap di General Classification (GC). Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih berada di puncak setelah finis ke-20 di Etape 4. Sementara Mattia Cattaneo (Deceuninck-QuickStep) naik satu tingkat ke posisi tujuh dengan menggusur Damiano Caruso (Bahrain Victorious).

Preview rute etape 5 UAE Tour 2021

Selanjutnya para pembalap akan dihadapkan dengan medan menanjak di Etape 5, Kamis (25/2) besok. Balapan sepanjang 170 kilometer itu akan start di Fujairah Marine Club dan finis di puncak Jebel Jais yang memiliki elevasi hampir 1.500 meter. Pembalap akan menanjak sepanjang 21,5 kilometer dengan gradien 5,4 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 UAE Tour 2021 (Top Ten)
1. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep 4 jam 51 menit 51 detik
2. David Dekker (Belanda), Jumbo-Visma +0
3. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal +0
4. Elia Viviani (Italia), Cofidis +0
5. Matteo Moschetti (Italia), Trek-Segafredo +0
6. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
7. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain-Victorious +0
8. Giacomo Nizzolo (Italia), Qhubeka-Assos +0
9. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
10. Kaden Groves (Australia), Team BikeExchange +0

General Classification usai 4 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 12 jam 50 menit 21 detik
2. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +43 detik
3. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:03
4. Chris Harper (Australia), Jumbo-Visma +1:43
5. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +1:45
6. Mattias Jensen (Denmark), Trek-Segafredo +2:36
7. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +2:38
8. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +2:38
9. Ruben Fernandez (Spanyol), Cofidis +3:32
10. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck-QuickStep +4:47

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 33


Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, LaFlammeRouge


COMMENTS