UAE Tour 2021 - Etape 3
Pogacar Raih Kemenangan Pertama Musim ini
by - February 23, 2021

Tadej Pogacar naik podium lagi. Andalan UAE Team Emirates itu memenangkan Etape 3 UAE Tour 2021. Pogacar menyingkirkan Adem Yates (Ineos Grenadiers) di kilometer terakhir di Jebel Hafeet, Selasa (23/2) malam. Kemenangan ini meneguhkan posisi rider 22 itu di puncak General Classification (GC).

Berbeda dari dua etape sebelumnya, tahapan ketiga di UAE Tour 2021 ini diakhiri dengan tanjakan menuju Jebel Hefeet. Start dari Strata Manufactoring, para pembalap harus menuntaskan rute sepanjang 166 kilometer. Lebih dari 90 persen medannya adalah jalanan flat dengan dua intermediate sprint di Al Qattarah dan Green Mubazzarah.

Setelah itu, mulailah mereka menanjak menuju puncak Jebel Hefeet. Panjangnya 10,6 kilometer dengan elevasi lebih dari 1.000 meter dan gradien rata-rata 6,8 persen. Pada UAE Tour tahun lalu, Jebel Hefeet menjadi garis akhir untuk Etape 3 dan Etape 5. Kala itu Pogacar dan Yates silih berganti menjadi yang terbaik.

Pada balapan Selasa malam, Pogacar dan Yates lagi-lagi bersaing menjadi pemenang. Setelah medan datar nan panjang itu, keduanya mulai unjuk gigi saat peloton mulai nanjak ke Jebel Hefeet. Ketika balapan tersisa tiga kilometer, Pogacar dan Yates tak terkejar oleh para pesaingnya.

Pogacar baru memulai manuvernya di 500 meter terakhir. Juara Tour de France 2020 ini menyalip Yates di tiga tikungan terakhir, lalu melaju sangat kencang hingga mencapai garis finis.

"Kami menginginkan kemenangan ini dan kami berhasil mendapatkannya. Balapan ini sangat sulit. Akan tetapi, saya sangat senang bisa menang," kata Pogacar selepas lomba seperti yang dilansir Cyclingnews.

Ia berterima kasih kepada keseluruhan di UAE Team Emirates yang bekerja keras untuk menempatkannya di baris terdepan. Tugasnya hanya memungkasinya dengan memenangkan tahapan ini. Hasil Etape 3 memantapkan Pogacar di puncak GC. Kini ia unggul 43 atas Adam Yates yang melesat ke posisi dua.

"Balapan ini masih belum kami menangkan. Masih ada empat etape di depan. Apa pun bisa terjadi. Ini akan menjadi pertarungan yang sulit sampai akhir," tegasnya.

Sementara itu, Etape 4 yang berlangsung Rabu (24/2) malam, akan menjadi santapan empuk bagi para sprinter. Para pembalap harus menaklukkan rute sepanjang 204 kilometer di Al Marjan Island. Nama tenar macam Caleb Ewan (Lotto-Soudal) dan Sam Bennett (Deceuninck-Quickstep) dijagokan sebagai pemenang etape ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 UAE Tour 2021 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates, 3 jam 58 menit 35 detik
2. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +0
3. Sergio Higuita (Kolmbia), EF Education-Nippo +48
4. Emanuel Buchmann (Jerman) Bora-Hansgrohe +48
5. Harm Vanhoucke (Belgia), Lotto Soudal +48
6. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +48
7. Florian Stork (Jerman), Team DSM +54
8. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +54
9. Chris Harper (Australia), Jumbo-Visma +1:00
10. Geoffrey Bouchard (Prancis), AG2R Citroën +1:09

General Classification usai 3 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 7 jam 58 menit 30 detik
2. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +43 detik
3. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:03
4. Chris Harper (Australia), Jumbo-Visma +1:43
5. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +1:45
6. Mattias Jensen (Denmark), Trek-Segafredo +2:36
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +2:38
8. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +2:39
9. Ruben Fernandez (Spanyol), Cofidis +3:32
10. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck-QuickStep +4:47

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 32

Foto: Getty Images


COMMENTS