UAE Tour 2021 - Etape 1
Van der Poel Menang "Cyclocross" di Gurun
by - February 21, 2021

"Yang pasti saya bukan sprinter tercepat. Kami memiliki sprinter yang lebih baik di tim. Saya di sini untuk menjadi bagian dari kereta sprint." Begitu komentar Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) sehari sebelum dimulainya UAE Tour 2021. Pada Minggu (21/2) malam, ia berhasil memenangkan Etape 1. Dalam adu sprint.

Van der Poel sebenarnya memanfaatkan UAE Tour untuk mengukur kemampuannya dengan para climber top. Sebab, event ini diikuti nama-nama tenar seperti Vincenzo Nibali (Trek-Segafredo), Chris Froome (Israel Start-Up Nation), hingga Tadej Pogacar (UAE Team Emirates)

Yang terjadi justru di luar prediksinya. Van der Poel yang baru kali pertama balapan di UAE Tour, sukses mengunci kemenangan di Etape 1. Pembalap asal Belanda ini menyelesaikan balapan sejauh 176 kilometer dengan catatan waktu 3 jam 45 menit 47 detik.

Van der Poel tak menyangka dapat memenangkan Etape 1 UAE Tour 2021

Dalam adu sprint yang terjadi di 200 meter menjelang finis, Van der Poel sukses mengungguli sesama rider Belanda David Dekker (Jumbo-Visma). Sementara posisi ketiga direbut pembalap asal Denmark sekaligus andalan skuad Deceuninck-QuickStep Michael Morkov.

"Saya benar-benar tidak menyangka. Saya beristirahat setelah kejuaraan dunia cyclocross. Saya baru latihan lagi seminggu terakhir kemudian datang ke sini. Saya kira ini adalah bentuk cyclocross di gurun," kata Van der Poel seperti yang dilansir Velonews.

Etape 1 UAE Tour 2021 sewajarnya jadi santapan empuk para sprinter. Medannya benar-benar flat sepanjang 176 kilometer. Start dari kastil Al Dhafra, pembalap melalui dua intermediate sprint sebelum mencapai garis finis di Al Mirfa. Terpaan angin kencang jadi hambatan utama. Situasi ini sukses memecah peloton menjadi empat eselon.

"Hari ini sangat berangin dan balapan yang sangat keras. Saya beruntung memiliki kaki yang bagus sejak awal. Saya tahu bisa menyelesaikannya dalam sprint. Hanya saja saya tidak menyangka akan menang. Sungguh menyenangkan memulai musim balap dengan kemenangan," kata pembalap 26 tahun itu.

Van der Poel, Pogacar, dan Fernando Gaviria (UAE Team Emirates) berada di grup terdepan bersama Adam Yates (Ineos Grenadiers), Elia Viviani (Cofidis), Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep). Sedangkan Froome di grup paling buncit. Rombongan di grup terdepan baru beradu sprint di kilometer terakhir.

Rombongan terdepan mulai menata kereta cepatnya di kilometer pamungkas. Viviani membuka sprint. Hanya saja keunggulannya memudar saat mendekati garis akhir. Rider asal Italia itu cuma finis kelima setelah disalip Van der Poel, Dekker, Morkov, dan Emil Liepins (Trek-Segafredo). (mainsepeda)

Hasil Etape 1 UAE Tour 2021 (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 3 jam 45 menit 47 detik
2. David Dekker (Belanda) Jumbo-Visma +0
3. Michael Morkov (Denmark), Deceuninck-QuickStep +0
4. Emils Liepins (Latvia), Trek-Segafredo +0
5. Elia Viviani (Italia), Cofidis +0
6. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +0
7. Anthony Roux (Prancis), Groupama-FDJ +0
8. Chris Harper (Australia), Jumbo-Visma +3
9. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep, +3
10. Fausto Masnada (Italia), Deceuninck-QuickStep +3

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 32

Foto: Getty Images, La FlammeRouge


COMMENTS