Tips Merawat Jersey Sepeda Agar Tetap Awet

Meski panduan tentang perawatan sudah tertera di jersey, namun masih ada cyclist yang belum mengetahui cara mencuci dan perawatan jersey agar awet dan tidak cepat rusak. Terdapat beberapa tahap yang wajib dilakukan dalam perawatan jersey ini.

Jika mengikuti panduan yang sudah tertera, perawatan jersey sebenarnya tidak sulit. Hanya perlu memperhatikan sejumlah detail. Pertama, cuci jersey dengan air bersuhu normal. Setidaknya 30 derajat celsius atau di bawahnya. Hindari penggunaan air yang terlalu panas karena akan mereduksi kelenturan kain.

Kedua, proses pencucian dilakukan dengan tangan, hindari menggunakan mesin cuci. Gunakan deterjen berkualitas dan secukupnya. Jangan menggunakan pemulih atau pelembut kain. Sebelumnya, pastikan semua ritsleting dalam posisi tertutup.

Hindari penggunaan mesin untuk mencuci jersey 

"Upayakan langsung dicuci setelah digunakan. Sehingga baunya tidak menempel," kata Marketing Manager SUB Jersey Shaly Dea Marella, Sabtu (20/2) sore.

Ketiga, disarankan untuk tidak mencuci bersama dengan pakaian atau jersey lain dengan warna yang berbeda. Tujuannya untuk meminimalisasi potensi kelunturan dari pakaian lain. Keempat, setelah dicuci, jemur jersey tersebut di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Terakhir, pertimbangkan untuk tidak menyetrika jersey tersebut. "Jangan lupa untuk membaca label perawatan di setiap pakaian sebelum dicuci," pesannya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 32

Foto: SUB Jersey, Getty Images


COMMENTS