Wout Van Aert Berambisi Jadi Juara Dunia

Wout van Aert (Jumbo-Visma) hampir jadi juara dunia tahun lalu. Sayang ia kalah di dua disiplin lomba sekaligus. Memasuki musim 2021 ini, pembalap asal Belgia itu mengungkapkan hasrat menjadi juara dunia, serta mendapatkan medali emas di Olimpiade Tokyo nanti.

Dalam wawacara dengan Radio Télévision Belge Francophone (RTBF), Van Aert mengungkapkan target besarnya musim ini. Ketiga bidikannya adalah menjadi juara dunia, mengamankan green jersey di Tour de France, serta mengunci medali emas di Olimpiade Tokyo nanti.

"Saya akan memiliki tiga periode di mana saya ingin berada dalam kondisi terbaik saya. Akan tetapi, jika disuruh memilih satu target utama, saya akan memilih Kejuaraan Dunia di Belgia," ungkap Van Aert seperti yang dilansir Cyclingnews.

Wajar apabila Van Aert menjadikan Kejuaraan Dunia Road sebagai target besarnya. Sebab ia gagal melakukannya tahun lalu. Setelah menjuarai dua event prestise di Italia, yakni Strade Bianche dan Milan-San Remo, Van Aert gagal menaklukkan Imola.

ia urung menjadi juara dunia road race setelah dikalahkan pembalap Prancis Julian Alaphilippe (Deceuninck-Quickstep). Tak hanya itu saja, Van Aert juga gagal jadi juara dunia time trial seusai ditaklukkan utusan Italia Filippo Ganna (Ineos Grenadiers).

Pada akhir Januari lalu, rider asal Belgia ini lagi-lagi menjadi runner-up di Kejuaraan Dunia Cyclocross 2021 di Ostend, Belgia. Ia kalah dari rider Belanda Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix).

Kejuaraan Dunia Road 2021 diadakan di Flanders, Belgia pada 19-26 September mendatang. Nomor road race akan start di Antwerp dan finis di Leuven. Peserta harus menuntaskan rute sepanjang 267,7 kilometer. Van Aert merasa medan ini sangat cocok dengannya.

"Saya pikir ini adalah medan klasik dengan bukit-bukit kecil dan bebatuan. Jadi ada kemungkinan bagi saya untuk melakukan sesuatu," akunya

Sebelum turun di Kejuaraan Dunia, Van Aert berharap tampil bagus di Tour de France tahun ini. Namanya hampir pasti akan menjadi tumpuan tim Jumbo-Visma di Prancis. Ia juga mengungkapkan ambisi untuk mendapatkan medali emas di Olimpiade nanti. Van Aert akan turun di nomor ITT.

"Rute road race sangat sulit. Jadi saya pikir time trial adalah kesempatan terbaik saya untuk memenangkan medali," ucapnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 31

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO


COMMENTS